Selasa , 14 Juli 2020

Pasien PDP di Solo Masih Terus Bertambah

12 Juni 2020 14:02 WIB


Ilustrasi.

 

mengalami penambahan. Namun, untuk Pasien Dengan Pengawasan (PDP) justru bertambah.



Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan, jumlah PDP per Kamis (11/6/2020) mencapai 223 orang atau kembali bertambah dua orang. Sebelumnya, pada Rabu (10/6/2020) ada tambahan tiga PDP, salah satunya diketahui merupakan bayi usia 8 bulan.

“Pasien terkonfirmasi memang tidak ada tambahan, tapi untuk PDP-nya yang terus ada tambahan. Kemarin tiga, sekarang dua. Jadi totalnya saat ini berjumlah 223 orang dari sebelumnya 221. Rinciannya, 11 dirawat inap, 178 sembuh, dan 34 meninggal dunia,” jelasnya.

Sedangkan untuk angka pasien terkonfirmasi, Ning, panggilan akrabnya mengatakan masih sama sebanyak 37 orang. Dengan rincian 10 dirawat inap di rumah sakit, 23 sembuh, dan empat meninggal dunia.

 “Untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 638 orang, dua rawat inap, 29 rawat jalan, 31 dalam pemantauan, dan sisanya selesai,” jelasnya.

Meski selama sepekan terakhir tidak ada penambahan jumlah pasien positif Covid-19, namun Ning mengatakan bukan berarti pihaknya bisa berlega hati. Pasalnya, bercermin dari sebelum-sebelumnya, data Covid-19 di Kota Solo juga pernah tidak ada penambahan kasus baru selama 10 hari, namun setelah itu langsung ada lonjakan. Karenanya, pihaknya terus melakukan antisipasi. Salah satunya dengan melakukan rapid test secara masif.

“Yang hari ini rapid test hari kedua bagi ASN yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat. Dari 344 pegawai yang melakukan rapid test diketahui satu orang reaktif. Jadi kalau dengan yang kemarin total yang reaktif ada delapan orang,” ujarnya.

Sama seperti tujuh ASN sebelumnya yang reaktif, satu ASN tersebut juga akan diambil swab untuk tes polymerase chain reaction (PCR). “Yang tujuh kemarin hari ini sudah spesimen lendir hidung dan tenggorokannya atau swab, besok (Jumat) akan diambil lagi. Untuk yang reaktif baru swab pertama juga akan dilakukan besok. Sampai hasil swab keluar mereka semua diminta karantina mandiri,” ujarnya. (awa)



(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com