Kamis , 22 Oktober 2020

Ini Fungsi Bangunan Sasana Handrawina Keraton Kasunanan Surakarta

11 Juni 2020 19:35 WIB


Sasana Handrawina Keraton Kasunanan Surakarta (Dok. Istimewa)

Solotrust.com - Sebagai salah satu penerus kerajaan Mataram Islam, Keraton Kasunanan Surakarta sampai sekarang masih berdiri bangunannya dengan kokoh di sebuah kota yang dahulunya bernama Desa Sala. Masih ada sisa-sisa beberapa bangunan lama yang ada di Keraton Surakarta dan hingga sekarang masih digunakan untuk upacara adat dan pelestarian budaya.

Salah satu bangunan yang masih terus digunakan ialah Sasana Handrawina. Untuk diketahui, Sasana Handrawina merupakan sebuah bagunan yang berada di kawasan inti atau kompleks Keraton Kasunanan Hadiningrat.



Dalam akun Instagram @kraton_solo yang merupakan akun resmi Keraton Surakarta disebutkan Sasana Handrawina terletak di Selatan Sasana Sewaka. Sasana Handrawina dibangun pada masa pemerintahan SISKS Pakubuwono X.

Sasana Handrawina mempunyai dinding berupa gebyok dengan hiasan ukiran. Pada zaman dahulu, dinding Sasana Handrawina sempat dicat warna hijau dan dipugar pada masa pemerintahan SISKS Pakubuwono X.

Ketika Keraton Surakarta mengalami kebakaran pada 1985 silam, Sasana Handrawina turut dilalap si jago merah. Namun, bangunan yang sempat luluh lantak itu segera dibangun kembali ketika masa pemerintahan SISKS Pakubuwono XII.

Sasana Handrawina mempunyai fungsi cukup penting di dalam Keraton Kasunanan Surakarta. Bangunan itu kerap digunakan untuk menjamu tamu pemerintahan serta upacara sungkeman atau ngabekten saat Hari Raya Idulfitri. Selain itu, bangunan ini juga digunakan untuk acara seminar resmi serta upacara wilujengan berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta.

Sampai sekarang, Keraton Kasunanan masih terus melaksanakan berbagai upacara adat dan tradisi yang telah diwariskan para leluhur dari semenjak berdirinya. (dd)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com