Senin , 13 Juli 2020

Daechwita Debut di Billboard HOT 100, Lagu Solo Pertama Suga BTS yang Tembus Chart Tersebut

6 Juni 2020 08:09 WIB


Suga BTS dalam "Daechwita". (Dok. Big Hit Entertainment).

Solotrust.com - Suga berhasil debut di chart HOT 100 Billboard dengan karya terbarunya. Berdasarkan keterangan Billboard pada 3 Juni 2020, "Daechwita" yang merupakan lagu utama dari mixtape terbarunya "D-2" yang rilis 22 Mei lalu debut di peringkat ke-76 untuk minggu ini.

Dengan ini, Suga sekaligus menjadi artis solo Korea Selatan setelah PSY yang mencapai ranking tertinggi di HOT 100 Billboard. PSY diketahui pernah berada di posisi kedua chart tersebut dengan "Gangnam Style". Suga juga menjadi anggota ketiga BTS setelah Jungkook dan Jimin yang tembus HOT 100 dengan lagu solonya.



Maret lalu, BTS berhasil mendaratkan 3 lagunya dari album terbarunya "Map of the Soul: 7" ke tangga lagu Billboard HOT 100. "ON" yang merupakan lagu utama "7" berada di posisi ke-4, ranking tertinggi yang pernah diraih BTS di HOT 100. Sementara dua lagu lain yakni "My Time" dari Jungkook dan "Filter" dari Jimin masing-masing berada di posisi ke-84 dan ke-87.

Sebelumnya, Billboard juga mengumumkan bahwa "D-2" debut di peringkat ke-11 chart Billboard 200, capaian tertinggi untuk penyanyi solo Korea Selatan sejauh ini, melampaui capaian dua rekannya di BTS yakni RM dengan "mono" yang debut di peringkat ke-26 dan J-Hope dengan "Hope World" yang debut di peringkat ke-63, yang kemudian naik ke peringkat ke-38.

Selain HOT 100, “Daechwita” juga memuncaki chart penjualan lagu digital dunia (World Digital Song Sales) di Billboard, ditambah lagu-lagu lainnya dari mixtape itu yang juga menempati 10 besar. "D-2" juga memuncaki chart World Albums. Sementara Suga sendiri berada di posisi keempat chat Artist 100.

Tak hanya di Billboard, "D-2" juga debut di peringkat ke-7 chart album Official di Inggris, yang juga ranking tertinggi untuk penyanyi solo Korsel. Lagu utamanya "Daechwita" juga debut di peringkat ke-68 chart single Official.

"D-2" dirilis pada 22 Mei 2020 secara gratis melalui Google dan Soundcloud. Mixtape itu memuncaki chart iTunes di 80 negara/region paska dirilis. "Daechwita" juga memuncaki chart iTunes di 50 negara/region. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com