Kamis , 6 Agustus 2020

Pelan Tapi Pasti Raih Popularitas, Leader Oh My Girl: Kerja Keras Tidak Akan Mengkhianati Anda

4 Juni 2020 06:05 WIB


Momen Oh My Girl paska mendapatkan kemengan di M Countdown Mnet lewat "Nonstop" (Foto: Instagram @wm_ohmygirl)

Solotrust.com- Debut dengan "Cupid" pada April 2015, untuk pertama kalinya Oh My Girl meraih peringkat pertama pada Januari 2018 dengan lagu "Secret Garden" di acara musik The Show SBS MTV.

Melalui lagu terbarunya "Nonstop" yang rilis April 2020, untuk pertama kalinya Oh My Girl menang hingga 8 kali di acara musik yakni dua kali di The Show SBS dan M Countdown Mnet serta sekali di Show Champion MBC, Music Core MBC, Inkigayo SBS dan Music Bank KBS.



Girlgroup beranggotakan Hyojung, Seunghee, Jiho, Binnie, YooA, Mimi dan Arin itu juga baru mendapatkan penghargaan Bonsang (Main Prize) untuk kali pertamanya di Korea Popular Music Awards (KPMA) pada 2018, beberapa tahun setelah debut.

Tahun berikutnya, grup asal WM Entertainment itu mendapatkan penghargaan "ikon Hallyu baru" di Soribada Best K-Music Awards 2019.

Hallyu atau gelombang Korea sendiri adalah istilah yang mengacu pada tersebarnya budaya populer asal Korea Selatan secara global sejak tahun 90an. Hallyu ini meliputi berbagai hal dari mulai drama Korea, film Korea, komik Korea (manhwa), K-POP hingga masakan dan bahasa Korea. Ketertarikan masyarakat global kepada Hallyu ini umumnya memicu mereka untuk ingin mempelajari lebih dalam mengenai kebudayaan Korea. 

Pelan tapi pasti, Oh My Girl terus menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu grup terbaik Korea Selatan. Awal tahun 2019, grup asal WM Entertainment itu telah menggelar tur Amerika Serikat antara lain di Chicago, Houston dan California. Dengan itu mereka pun menjadi girlgroup K-POP pertama yang menggelar sebuah tur di Amerika Serikat sejak Apink menggelarnya pada 2016 silam.

Oh My Girl juga telah debut resmi di Jepang dengan merilis album kompilasi pada 9 Januari 2019. Album tersebut bahkan berhasil memuncaki chart album Oricon.

Dikenal dengan konsep "Fairy Tale"nya, grup yang dikenal dengan sejumlah lagu seperti "Remember Me", "Secret Garden" dan "Windy Day" ini berhasil menjadi warna baru di dunia girlgroup Korea Selatan. Sejumlah konser pun telah mereka gelar dengan konsep tersebut seperti "Oh My Girl 1st Concert "Summer Fairy Tales" (2016) dan "Oh My Girl 2nd Concert "Fall Fairy Tales" (2018).

Pada 2019, Oh My Girl juga menunjukkan hasil yang baik di Queendom dari Mnet. Mereka menampilkan sejumlah pertunjukan memukau seperti saat menampilkan cover "Destiny" milik Lovelyz. Cover itu bahkan dirilis sebagai sebuah single pada September 2019.

Terkait lamanya mereka bisa mencapai titik itu, Hyojung, leader Oh My Girl mengungkapkan perasaannya dalam wawancara dengan News1 sebagai bagian dari seri mereka untuk menyoroti leader-leader grup K-Pop baru-baru ini.

"Saya merasa sedih bahwa kami tidak dapat memenuhi harapan anggota staf yang bekerja sangat keras untuk kami dan penggemar kami yang mendukung kami. Karena mereka melakukan yang terbaik untuk Oh My Girl, kami harus melakukannya dengan baik agar mereka tersenyum dan merasa sudah sepadan. Namun, saya tidak cemas. Saya percaya kami akan berhasil, dan ada banyak orang di sekitar saya yang mengatakan 'Kalian akan berhasil,' sehingga memberi saya banyak kekuatan," katanya.

Ia juga mengatakan, "Selain itu, jika kami mendapatkannya sejak awal, saya tidak berpikir saya akan tahu bahwa hasil yang baik datang dari akumulasi kerja keras. Melihat sorotan untuk kami di lain waktu, membuat tim kami lebih tangguh dan membantu kami menyadari bahwa kerja keras tidak akan mengkhianati Anda."

Hal lain yang dibagi Hyojung misalnya tentang harapan dan mimpi ke depan dari grup itu. "Saya ingin menggambar gambar yang lebih besar. Tujuan kami adalah untuk memperluas agensi kami yang telah mempercayai dan mendukung kami. Agensi kami tidak pernah membuat album kami dengan ceroboh. Kami ingin membalas kepercayaan mereka kepada kami."

"Kami juga ingin meninggalkan kesan pada Miracle kami (nama penggemar Oh My Girl) yang selalu mendukung kami dan menjadi salah satu grup yang mewakili K-pop secara global," tambahnya.

Tentang mimpi grup mereka, Hyojung mengatakan, "Saya juga bermimpi menjadi sebuah grup yang memiliki kenangan indah. Saya berharap bahwa bahkan setelah beberapa generasi berlalu, musik kami akan tetap berada dalam ingatan orang, dan mereka akan mengenang masa lalu dan berpikir, ‘Saya dulu suka Oh My Girl'." (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com