Serba serbi

Ini yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Merasa Depresi

Olahraga

29 Desember 2017 10:59 WIB

(ilustrasi)

SOLO, solotrust.com - Akhir-akhir ini kita disuguhkan dengan berita seputar artis yang terjerumus ke dalam narkoba, bahkan sampai mengahkiri hidupnya dikarenakan mengalami tingkat depresi yang tinggi, dan tingkat stres yang menguasai diri mereka.

Mulai dari stres dalam masalah pekerjaan, rutinitas yang super sibuk, hingga gangguan insomnia yang menggangu pola istirahat yang tidak teratur.



Sama seperti gejala yang mengindikasikan gangguan kecemasan, gejala depresi dan stres pun cenderung lebih lamban terdeteksi. Namun sebenarnya banyak cara mudah mengatasinya.

Berikut solotrust.com merangkum kumpulan cara alami terbaik untuk mengatasi depresi dan stres.

1. Meditasi

Meditasi merupakan cara yang tergolong ampuh dalam mengatasi depresi ataupun stres. Untuk menghilangkan stres yang muncul sehari-hari, kita bisa menyisisihkan waktu sekitar 30 menit setiap hari dan cari tempat tenang. Matikan segala bentuk gawai dan pejamkan mata, yang dibutuhkan hanya pengaturan nafas, dan fokus, serta jangan memikirkan apapun. Jika ada sesuatu yang mengganggu pikiran, segera usir dan kembali fokus. Kita juga bisa mencoba fokus pada satu kata, atau bayangkan diri sedang berada di suatu tempat damai.

2. Tambah Asupan Vitamin B

Mengonsumsi Vitamin B-12 dan Vitamin B juga dapat membantu produksi senyawa kimia dalam otak yang memengaruhi suasana hati serotonin, epinephrine, dan dopamin. Dengan kita menambah asupan Vitamin B pada tubuh kita, sumber gizi yang ada didalamnya dapat meningkatkan kuualitas otak, sehingga potensi menuju tingkat stres menjadi menurun.

3. Tetapkan Tujuan

Orang yang depresi dapat merasakan berbagai emosi dan sensasi. Namun yang paling sering dirasakan dan terus berkembang biasanya perasaan sedih, cemas, hampa, tak tertolong, tak berharga, dan rasa bersalah. Oleh karenanya, untuk mengusir rasa itu, kita dapat mencoba menetapkan tujuan harian untuk diri sendiri dengan memulai langkah kecil. Dengan begitu, kita akan semakin memacu diri kita untuk ke arah yang lebih baik.

4. Jadwal Tidur Rutin

Tingkat kesehatan kita juga sangat dipengaruhi dengan pola tidur dan kualitas tidur yang baik. Banyak langkah-langkah sederhana untuk membuat tidur kita berkualitas dan terhindar dari yang namanya insomnia. Sebab penyebab depresi dan tingkat stres tinggi juga ada peran dari insomnia.

5. Coba Hal Baru

Saat kita menantang diri untuk melakukan sesuatu yang baru, akan ada perubahan senyawa kimia di otak kita. Selain itu, pergi ke tempat baru, belajar bahasa baru, baca buku baru, dan hal lain yang sudah lama ingin kita coba, merupakan langkah tepat untuk mencegah munculnya depresi dan stres.

6. Bicara pada Orang yang Anda Percaya

Mendapat respons positif dari orang-orang yang tepat adalah sesuatu yang bisa menghilangkan depresi dan stres. Ini dapat menguntungkan kita dalam banyak hal, dengan mengutarakan isi pikiran dan apa yang sedang terjadi dalam hidup dan mendapatkan respons dapat membantu kita melihat banyak hal dari perspektif berbeda.
Untuk itu kita harus membuka diri untuk mendapat masukan, saran, bahkan bantuan dari orang lain.

7. Olahraga Ringan

Aerobik simpel, jalan pagi atau peregangan ringan dapat membantu mengatasi gejala depresi. Olahraga memicu produksi endorphin, juga memicu otak untuk berpikir lebih positif. Riset juga membuktikan, dengan berolahraga, kita akan kembali memperoleh rasa percaya diri. (dkl)

(way)