Senin , 28 September 2020

Love Yourself: Answer Milik BTS Jadi Album Korea Pertama yang Disertifikasi Gold di Inggris

19 Mei 2020 12:04 WIB


BTS dalam salah satu foto konsep album "Love Yourself: Answer". (Dok. Big Hit Entertainment).

 

Solotrust.com - Album BTS "Love Yourself: Answer" (2018) telah disertifikasi gold di Inggris karena sudah terjual hingga 100.000 unit. Pada 15 Mei 2020, BRIT mengumumumkan hal itu via Twitternya.



Dengan ini album dengan lagu utama "IDOL" itu menjadi album pertama BTS sekaligus album pertama asal Korea yang mendapat sertifikasi gold. Sebelumnya album itu juga menjadi album pertama BTS yang meraih sertifikasi silver di Inggris, yakni pada akhir Mei 2019, sebelum BTS menggelar konser di Stadion Wembley.

Tak hanya di Inggris, "Love Yourself: Answer" juga menjadi album Korea pertama dalam sejarah yang mendapat sertifikasi platinum dari

Recording Industry Association of America (RIAA) karena sudah terjual hingga 1 juta unit album setara, yakni pada 16 Januari 2020.

Album yang pernah memuncaki chart Billboard 200 itu sebelumnya juga membuat sejarah dengan menjadi album Korsel pertama yang disertifikasi gold oleh RIAA.

Sertifikasi BRIT untuk album dikelola oleh British Phonographic Industry (BPI), asosiasi industri label rekaman di Inggris. Single dan album diberikan sertifikasi berupa platinum, gold dan silver didasarkan pada penjualan dan streaming yang datanya didapat dari Official Charts Company.

Sertifikasi platinum untuk album diraih jika suatu album terjual sebanyak 300.000 unit, gold untuk 100.000 unit, dan silver untuk 60.000 unit. BRIT juga mengenal multiple certifications atau sertifikasi berganda, misalnya jika sudah terjual 3 juta unit berarti mendapatkan 10x platinum.

Hingga kini BTS memiliki 4 album yang telah disertifikasi silver yakni "Love Yourself: Answer" (sekaligus gold), "Map of the Soul: Persona", "Love Yourself: Tear", dan "Map of the Soul: 7". (Lin)



(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com