Hard News

Kemenag Gelar Sidang Isbat 1 Syawal Jumat 22 Mei 2020

Hard News

18 Mei 2020 10:05 WIB

Pemantauan hilal. (Sumber: Kemenag Babel).

JAKARTA, solotrust.com - Kementerian Agama (Kemenag) akan kembali menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Syawal 1441H pada Jumat, 22 Mei 2020, menjelang akhir Ramadan.

Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat. Acara dilakukan mengikuti protokol kesehatan sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kemenag.



“Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Agus Salim, di Jakarta, Sabtu (16/05/2020), dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

“Peserta dari unsur pimpinan ormas Islam kami undang untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan,” lanjutnya.

Peliputan juga akan dilakukan secara terbatas. Menurut Agus Salim, Kemenag bekerja sama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool. Media yang ingin menyiarkan sidang isbat awal Syawal bisa berkoordinasi dengan TVRI.

“Kami juga memanfaatkan medsos (media sosial) Kemenag untuk melakukan live streaming,” tuturnya.

Dijelaskan Agus Salim, tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadan lalu. Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441H oleh anggota Falakiyah Kemenag  Cecep Nurwendaya. Setelah magrib, sidang Isbat dibuka Menteri Agama RI, dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari  80 titik di seluruh Indonesia.

“Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag,” tutupnya.

(redaksi)