Selasa , 29 September 2020

Adi Kurdi, Pemeran Abah di Serial Keluarga Cemara Tutup Usia

09 Mei 2020 10:45 WIB


Adi Kurdi

Solotrust.com- Kabar duka kembali berhembus dari dunia hiburan tanah air. Adi Kurdi pemeran karakter Abah serial drama Keluarga Cemara meninggal dunia pada Jumat (8/5/2020), setelah sebelumnya sempat di rawat di Rumah Sakit PON Cawang karena terkena gangguan syaraf di bagian otak pada pukul 11.30 WIB. Adi Kurdi meninggal dunia di usia 72 tahun.

Kabar meninggalnya Adi Kurdi diterima Solotrust.Com pada hari Jumat (8/5/2020) pada pukul 12.32 oleh salah seorang pendiri kelompok Teater Keliling Jakarta, Rudolf Puspa.



“Kabar duka Bung Adi Kurdi telah wafat pukul.11.30 di RS PON. Pemain Abah sinetron Keluarga Cemara.” Tulis pesan tersebut.

Tak berselang lama kembali sebuah pesan masuk ke ponsel solotrust.com dari anak terakhir almarhum WS. Rendra, Maryam Supraba yang mengabarkan tentang tempat pemakaman mendiang Adi Kurdi.

“Dimakamkan besok 9 Mei pukul 10.00 di Bengkel Teater Rendra (BTR) Cipayung.” bunyi pesan tersebut.

Seperti dikabarkan sebelumnya bahwa Adi Kurdi sempat menjalani perawatan selama kurang lebih  4-5 hari di Rumah Sakit PON Cawang karena terkena gangguan syaraf pada otaknya.

Adi Kurdi merupakan anggota dari Bengkel Teater Rendra dimana dirinya seringkali diberi peran utama oleh Almarhum WS. Rendra yang merupakan guru yang pada akhirnya menjadi kakak iparnya setelah Adi Kurdi mempersunting adik dari almarhum WS Rendra yang tinggal di Yogyakarta yakni Bernadetta Siti Restyratuti dan dianugerahi satu orang anak bernama Maria Advena Victoria.

Selain di dunia teater, Adi Kurdi juga sempat berperan di berbagai judul film tanah air pada tahun 1980an. Adi Kurdi pernah memerankan beberapa judul film diantaranya Gadis Penakluk (1980) dan juga R.A Kartini (1982).

Ketika dunia perfilman tanah air tengah lesu, Adi Kurdi kemudian banting stir memasuki dunia sinetron. Salah satu judul serial drama yang pernah dimainkan ialah serial Keluarga Cemara dimana dirinya berperan menjadi Abah. Peran tersebut sangat melekat lama dengan Adi Kurdi karena dirinya berhasil memerankan karakter Abah dengan sangat apik.

Selain itu Adi Kurdi juga pernah bermain sebagai Raja Tua dalam pementasan Panembahan Reso tahun 1986 yang kala itu dimainkan di Istora Senayan Jakarta dengan sutradara WS. Rendra yang sekaligus merangkap menjadi pemeran Panembahan Reso.

Adi Kurdi nantinya akan dimakamkan bersandingan dengan makam WS. Rendra sosok yang membentuk dirinya menjadi seorang aktor yang handal. (dd)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com