Pend & Budaya

Unisri Permudah Syarat Beasiswa KIP Kuliah bagi Masyarakat Kurang Mampu dan Terdampak Covid-19

Pend & Budaya

08 Mei 2020 15:35 WIB

Dialog Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unisri dengan pihak rektorat di kampus setempat, baru-baru ini, terkait proses pembelajaran selama pandemi Covid-19.

SOLO, solotrust.com - Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta mempermudah persyaratan bagi calon mahasiswa kurang mampu dan atau terdampak Covid-19 yang hendak kuliah di perguruan tinggi itu melalui program bidik misi atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Menurut Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama, Sutoyo, bagi para lulusan SMA/SMK/MA berprestasi yang mempunyai KIP Kuliah dan keluarganya mempunyai Kartu Perlindungan Sosial (KPS) serta masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH), bisa langsung mendaftar ke Unisri. Proses pendaftaran sudah dibuka sejak akhir April 2020, online atau pun langsung.



"Sementara bagi yang tidak mempunyai KIP Kuliah, keluarga dari calon mahasiswa bisa mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) di desa/kelurahan setempat, diketahui pihak kecamatan dan dinas sosial. SKTM yang didisposisi dinas sosial setempat itu sebagai pengganti KIP Kuliah," tambahnya dalam siaran pers yang diterima solotrust.com, Jumat (08/05/2020)

Selain itu, kata Sutoyo, program beasiswa bidikmisi atau sekarang disebut KIP Kuliah juga diperluas. Tidak hanya bagi para fresh graduade dan lulusan satu tahun lalu, lulusan dua tahun lalu pun masih dapat mendaftar. Bagi penerima beasiswa bidikmisi atau KIP Kuliah, uang SPP selama delapan semester digratiskan dan masih akan mendapatkan uang saku.

"Sebenarnya persyaratan bagi calon mahasiswa baru program beasiswa bidikmisi atau KIP Kuliah di Unisri masih sama seperti tahun-tahun lalu, hanya saja kini ada beberapa item (bagian-red) yang dipermudah persyaratannya," kata Sutoyo sekaligus sebagai penanggung jawab panitia penerimaan calon mahasiswa baru.

Di samping beasiswa bidikmisi atau KIP-Kuliah, di Unisri juga terdapat berbagai beasiswa bagi calon mahasiswa baru. Seperti beasiswa dari Bank Indonesia (BI), beasiswa BPMKM, serta PPA dan BBM. Selain menyediakan banyak beasiswa, seluruh mahasiswa kuliah juga diasuransikan.

"Unisri adalah satu-satunya perguruan tinggi swasta di Soloraya yang dipercaya Bank Indonesia dalam penyaluran beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu, tapi berprestasi," kata dia.

(redaksi)