Selasa , 26 Mei 2020

MotoGP Berencana Gelar 2 Seri Balap Beruntun di Jerez pada Juli

8 Mei 2020 14:31 WIB


Seri balap MotoGP (Foto: Motorsport)

Solotrust.com - Promotor MotoGP Dorna Sports dan Sirkuit Jerez telah menyetujui kesepakatan menggelar dua putaran pertama seri balap MotoGP musim 2020. Rencananya, dua balapan beruntun di Negeri Matador dihelat pada Juli mendatang. Kepastian itu saat ini tinggal menunggu restu pemerintah Spanyol.




Pandemi global virus corona memang telah memaksa sebelas putaran awal musim ini dihapus dari jadwal. Sebut saja Grand Prix Qatar, Belanda, Jerman, dan Finlandia yang terpaksa harus dibatalkan tahun ini.

Dorna sendiri mengupayakan setidaknya bisa menggelar sepuluh atau 12 seri balap di Eropa. Semula agenda balapan akan dihelat awal Agustus dengan GP Ceko sebagai seri pembuka.

Namun, setelah dilakukan rapat virtual pada Kamis (07/05/202), Dorna telah menyetujui kesepakatan dengan venue GP Spanyol Jerez. Dua seri balap pembuka MotoGP dijadwalkan digelar pada 19 Juli dengan Grand Prix Spanyol dan Grand Prix Andalusia pada 26 Juli.

Balapan ini akan diikuti putaran World Superbike yang kemungkinan akan menjadi seri balap kedua musim ini setelah pembuka Phillip Island, pada 2 Agustus. Jika Pemerintah Spanyol menyetujui proposal tersebut, maka perlu ditandatangani badan regulasi MotoGP, FIM.

“Pagi hari ini (Kamis) Pemerintah Andalusia, melalui Kementerian Pariwisata, Dewan Kota Jerez, dan perusahaan Dorna telah mencapai kesepakatan untuk mengadakan dua putaran Kejuaraan Dunia MotoGP di Sirkuit Jerez, pada tanggal 19 dan 26 Juli,” jelas Wakil Presiden Pemerintah Andalusia, Juan Marin, dilansir dari Motorsport.

“Mulai saat ini, kita harus mentransfer, baik kepada pemerintah Spanyol dan melalui perusahaan Dorna ke Federasi Internasional (FIM), permintaan untuk melakukan semua tindakan dan persyaratan yang diperlukan untuk menjamin keamanan dan menyambut semua peserta dan tim yang akan berada di Andalusia musim panas ini.

“Saya pikir itu adalah berita yang luar biasa dan kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Dewan Kota karena kami tahu upaya yang dilakukan dalam organisasi acara ini, serta Dorna karena mengandalkan Sirkuit Jerez lagi.”

Dorna sendiri menerapkan aturan ketat di tengah pandemi corona. Ukuran paddock berkurang sekira 1600 personel untuk mencakup semua tim MotoGP, Moto2 dan Moto3, serta kru televisi Dorna. Selain itu juga disiapkan 10 ribu test kit Covid-19 untuk secara teratur memonitor personel paddock. (and)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com