Pend & Budaya

Pandemi Corona, UNS Gelar Wisuda Daring

Pend & Budaya

02 Mei 2020 19:31 WIB

Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar upacara wisuda secara online atau dalam jaringan (Daring), Sabtu (02/05/2020)

SOLO, solotrust.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar upacara wisuda secara online atau dalam jaringan (Daring), Sabtu (02/05/2020). Wisuda diikuti 259 mahasiswa ini diselenggarakan guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho, menyampaikan wisuda periode II 2020 diselenggarakan berbeda dengan wisuda yang sudah digelar UNS selama ini.



"Sesuai kalender akademik UNS, sebenarnya pelaksanaan acara Wisuda Periode II dijadwalkan pada 25 April 2020. Namun karena pertimbangan situasi dan kondisi pandemi Covid-19, maka UNS memutuskan perubahan jadwal dan tata upacara wisudanya. Tanpa mengurangi keabsahan dan kekhidmatan wisuda, tata upacara perhelatan wisuda UNS periode ll harus dilaksanakan dengan telekonferensi atau via aplikasi Webex dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan," urainya.

Di hadapan wisudawan secara daring, Prof Jamal menyampaikan krisis pandemi Covid-19 nampaknya masih belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir dalam waktu dekat. Oleh karena itu, rektor UNS ingin mengajak wisudawan untuk segera melepas toga beserta atributnya, kemudian hadir langsung di tengah-tengah masyarakat terdampak untuk melakukan mitigasi melawan pandemi Covid-19.

"Kita tidak boleh menutup mata untuk menaruh perhatian kepada tetangga maupun lingkungan sekitar yang mengalami berbagai kesulitan di saat kondisi krisis saat ini. Konsekuensi dari menjadi bagian masyarakat adalah bersedia untuk mengambil amanah dan tanggung jawab sosial terhadap mereka," ujarnya.

Ditambahkan, akibat pandemi Covid-19, setidaknya ada hikmah bisa dipetik. Pertama, kesehatan dan kebersihan ternyata merupakan hal sangat berharga karena bisa melindungi dari berbagai penyakit, termasuk Covid-19.

Kedua, banyak orang semakin tekun beribadah mengingat Tuhan, introspeksi diri, istirahat cukup, memiliki waktu panjang berkumpul dengan keluarga, hingga bumi akhirnya punya waktu untuk istirahat dari berbagai paparan polusi udara, jalanan yang lengang, dan masih banyak lagi perubahan drastis terjadi di bumi.

"Ketiga, dunia pendidikan menjadi akrab dengan teknologi digital untuk mendukung pembelajaran dan kegiatan nonakademis lainnya. Cara-cara baru mengelola perguruan tinggi harus ditempuh, termasuk yang dilakukan UNS saat ini. Dosen dituntut harus menguasai komunikasi online Synchronous dan Asynchronous untuk mendukung perkuliahan dan ujian-ujian, juga harus piawai memainkan gawai Zoom Cloud Meeting, WhatsApp Group, Google Classroom, SPADA, Open Course Ware (OCW) dan lain-lain," paparnya.

Sementara itu, dalam laporannya, Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof Ahmad Yunus, menyampaikan jumlah mahasiswa yang diwisuda pada Sabtu (02/05/2020) sebanyak 259 wisudawan. Adapun di antara para lulusan terdapat 76 wisudawan lulus dengan predikat cumlaude atau dengan pujian.

"Jumlah wisudawan UNS sampai dengan wisuda pada hari ini, jumlah lulusan UNS sebanyak 187.030 alumni," tukasnya. (awa)

(redaksi)

Berita Terkait

Berita Lainnya