Rabu , 18 September 2019

Wow, Bakal Ada Petualangan “Ninja Warrior” di Umbul Ponggok

27 Desember 2017 10:37 WIB


Wisata Umbul Ponggok, Klaten. (dok. Instagram @hariscanovtalia)

KLATEN, solotrust.com - Objek wisata Umbul Ponggok yang dikelola Badan Usaha Milik (BUM) Desa Tirta Mandiri, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, bakal dilengkapi wahana baru. Wahana yang ditargetkan beroperasi awal Januari 2018 itu diberi nama Ponggok Adventure Warrior.

Wahana baru serupa Ninja Warrior itu berupa tempat bermain yang terapung (floating playground) di air.



“Konsepnya seperti Ninja Warrior yang ada di televisi-televisi. Konsep sebenarnya mau diterapkan di Ponggok Ciblon. Tetapi, karena proses pembangunan Ponggok Ciblon cukup lama, wahana kami geser dulu ditempatkan di Umbul Ponggok,” kata Direktur BUM Desa Tirta Mandiri, Desa Ponggok, Joko Winarno, saat ditemui wartawan di Ponggok, Selasa (26/12/2017).

Beberapa permainan di wahana itu seperti trampolin serta perosotan. Seluruh pengunjung yang bermain diwajibkan mengenakan pelampung demi keselamatan.

Joko menjelaskan, meski ditambahi wahana baru, kawasan kolam alami masih bisa dinikmati untuk snorkeling, diving, serta foto bawah air atau underwater yang selama ini menjadi daya tarik wisatawan berdatangan ke Umbul Ponggok. Properti wahana baru ditempatkan di sisi barat kolam, membutuhkan ruang sepanjang 20 meter hingga 30 meter.

Sementara itu, total ukuran kolam alami peninggalan Belanda tersebut 50 meter x 25 meter dengan kedalaman sekitar 1,5 meter hingga 2,6 meter. “Masih ada ruang di kolam untuk pengunjung melakukan foto underwater,” katanya.

Properti untuk wahana tersebut didatangkan dari Tiongkok. Biaya yang dikeluarkan untuk wahana itu berkisar Rp200 juta hingga Rp300 juta yang diambil dari pendapatan pengelolaan objek wisata.

Rencana awal, wahana mulai beroperasi pada 15 Desember lalu. Lantaran faktor cuaca, proses impor properti mundur hingga wahana itu ditargetkan baru bisa dioperasikan mulai Januari 2018.

Lebih lanjut, Joko menjelaskan sudah ada perhitungan untuk tiket pengunjung menikmati wahana baru. Tiket menikmati wahana tak termasuk biaya memasuki kawasan umbul yang saat ini dipasang tarif Rp15.000 per orang. Untuk tiket promo menikmati wahana Ponggok Adventure Warrior pada Senin-Jumat Rp15.000 per orang, dan akhir pekan (Sabtu-Minggu) Rp20.000 per orang.

"Tetapi kalau promo dua pekan berjalan selesai, tarif normal diberlakukan dengan hari biasa [Senin-Jumat] Rp20.000 per orang, dan akhir pekan Rp25.000 per orang untuk bermain. Jadi, ada tiket tersendiri untuk bermain di wahana tersebut,” jelasnya.

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com