Hard News

RSUD dr Moewardi Tambah Ruang Khusus Perawatan Covid-19

Jateng & DIY

29 April 2020 10:46 WIB

Ruang perawatan pasien covid-19 RSUD dr Moewardi.

SOLO, solotrust.com- RSUD Dr Moewardi Solo memperluas ruang perawatan Covid-19. Perluasan tersebut sebagai bentuk antisipasi lonjakan pasien yang diperkirakan terjadi pada Mei nanti.

Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas RSUD Dr Moewardi, Eko Haryati mengatakan, RSUD dr Moewardi melakukan perluasan ruang perawatan Covid-19, yakni dengan mengoperasikan Ruang Melati I. Peresmian ruang tersebut dilakukan Direktur RSUD Dr Moewardi, Cahyono Hadi didampingi para wakil direktur, Selasa (28/4/2020).



“Ruang Melati I Covid-19, yang mulai beroperasi hari ini memiliki kapasitas total 57 tempat tidur dan dilengkapi dengan fasilitas ruang operasi, ICU, ruang bersalin, ruang perawatan bayi, anak dan dewasa, ruang hemodialisa atau cuci darah serta kamar jenazah. Semuanya khusus untuk pasien Covid-19,” kata Eko seperti dilansir dari laman resmi Pemprov Jateng.

Dijelaskan, Ruang Melati I Covid-19 ini terletak di antara Posko Screening Covid dan Ruang Anggrek 1, sehingga wilayah ini termasuk zona merah dalam rumah sakit. Seperti standar WHO, ruangan ini didesain khusus, yakni memiliki pintu serta jalur khusus untuk pasien dan petugas yang terpisah dari pasien umum.

Semua ruangan di Melati I Covid-19 ini memiliki tekanan udara negatif menggunakan hepafilter, untuk mencegah penyakit menyebar melalui udara atau keluar dari ruang isolasi dan menginfeksi orang lain. Dengan demikian,  lanjutnya, tidak akan ada udara yang keluar dari ruang isolasi yang mengontaminasi udara di luar.

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya