Hard News

Cuaca Ekstrem, Waspadai Potensi Hujan Lebat Disertai Petir Pekan Ini!

Hard News

28 April 2020 14:31 WIB

Ilustrasi (Pixabay)

JAKARTA, solotrust.com - Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia masih mengalami periode peralihan musim (pancaroba) dari musim hujan ke musim kemarau. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia terjadi mulai Mei 2020.

Menurut Plt Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Herizal, hasil analisis BMKG menunjukkan kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil di wilayah Indonesia dapat terjadi beberapa hari ke depan. Hal ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.



"Kondisi tersebut dipicu oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) dan sirkulasi siklonik di sekitar Laut Jawa bagian Barat, serta di perairan Utara Maluku dan Papua Barat yang membentuk daerah belokan dan pertemuan angin (konvergensi)," terang Herizal dalam siaran persnya, Selasa (28/04/2020).

Berdasarkan kondisi itu, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di wilayah sebagai berikut:

Periode 27-30 April 2020:

Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Periode 1-3 Mei 2020:

Sumatra Barat, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Terkait itu, Herizal mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es) dan dampak yang dapat ditimbulkannya, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

(redaksi)

Berita Terkait

Berita Lainnya