Hard News

Cegah Modus Penyelundupan Pemudik, Polisi Cek Bagasi Bus dan Bak Truk

Sosial dan Politik

28 April 2020 11:12 WIB

Petugas kepolisian memeriksa bak truk di Cek Poin Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa, 28 April 2020.

JAKARTA, solotrust.com- Petugas lalu lintas di cek poin perbatasan wilayah Jakarta memeriksa bagasi bus maupun truk untuk memastikan tidak ada penyelundupan penumpang yang mencoba menghindari larangan mudik.

Direktur lantas Polda Metro Jaya AKBP Sambodo Purnomo Yogo beserta jajaran turun langsung untuk memeriksa bagasi kendaraan di checkpoint Tol Cikarang Barat pada Selasa dinihari.



Petugas melakukan pengecekan terhadap truk yang melintas di sekitar pintu tol Cikarang guna mengantisipasi ada penumpang gelap yang bersembunyi di dalam muatan truk.

Berdasarkan pengamatan melalui tayangan akun Twitter @TMCPoldaMetro, truk tersebut tampak dibalut terpal besar menutup seluruh bagian atap bak.

"Ada dua saja penumpang di sini (bak truk) saya ambil trukmu," ujar salah satu petugas polisi saat mengecek bagian dalam bak.

Namun tidak ditemukan penumpang, sehingga pengendara diperkenankan melintas.

Di lokasi terpisah Wadir Lantas Polda Metro Jaya AKBP Hari Purnomo melaksanakan pengaturan malam hari di checkpoint Tol Bitung Tangerang Selatan.

"Saya mengimbau kepada para pengemudi ataupun masyarakat pada umumnya agar tidak melaksanakan mudik ke kampung halaman untuk memutus rantai virus COVID-19," katanya.

Sejumlah kendaraan bertonase berat pun turut dihentikan oleh petugas untuk diperiksa kelengkapan izin serta tujuan berkendara.

Kabag Bin Ops Dit Lantas Polda Metro Jaya AKBP Karosekali melakukan pemantauan malam hari di checkpoint Tol Cikarang Barat.

"Malam ini kami masih melakukan pemeriksaan dan penyekatan selama satu bulan ke depan," ujarnya.

Karosekali mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang mematuhi larangan mudik Lebaran tahun ini.

"Namun apabila masih ada yang berniat mudik, urungkanlah niatnya supaya Indonesia bisa terbebas dari wabah COVID-19," katanya. #teras.id

(wd)