Sabtu , 6 Juni 2020

Cara Menabung untuk Liburan agar tidak hanya Wacana

23 April 2020 13:07 WIB


Solotrust.com - Liburan kini sudah menjadi gaya hidup, terutama generasi milenial. Tidak hanya bagi mereka yang ber-uang, tapi liburan kini dapat dilakukan oleh siapa saja. Tentunya meskipun dengan uang pas – pasan saja.

Tapi, liburan dengan budget minim pun tidak bisa asal dilakukan. Tentu kita harus mempersiapkan rincian budget yang diperlukan untuk liburan. Mulai dari transportasi, penginapan, makanan, dan semua itu harus cukup hingga kembali lagi ke rumah. Jika perlu, budget yang dibawa harus lebih banyak dari perkiraan rincian pengeluaran liburan, supaya jika ada suatu hal yang mendesak dan di luar kendali, tidak akan menjadi masalah besar.
 
Nah, untuk berlibur tentunya kita harus memiliki budget yang mencukupi. Salah satu cara supaya dapat liburan adalah dengan menabung. Menabung juga tidak dapat asal dilakukan, ada cara menabung supaya dapat kamu gunakan untuk liburan. Berikut ini adalah cara menabung untuk liburan.
 
Menyusun Rencana Perjalanan
 
Liburan meskipun di tempat yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal, baiknya tetap harus direncanakan. Kamu bisa menentukan tempat yang akan kamu kunjungi dan apa saja yang akan kamu lakukan. Dari sini, kamu dapat menentukan biaya – biaya yang nantinya akan kamu keluarkan ketika liburan.
 
Hitung Biaya Liburan dengan Rinci
 
Setelah menyusun rencana perjalanan, kamu juga harus membuat rincian biaya. Biaya untuk transportasi, biaya penginapan, makan, masuk ke tempat – tempat wisata, hingga biaya kecil dan biaya tak terduga harus kamu rinci. Supaya kamu tidak kekurangan uang di tempat berlibur. Tentu akan sangat merepotkan, bukan?
 
Kurangi Pengeluaran Sehari – hari
 
Mengurangi pengeluaran sehari – hari dapat membantumu menambah tabungan liburan. Biasanya, makanan, transportasi, dan gaya hidup harian yang membuat pengeluaranmu bertambah. Kamu bisa memangkas biaya makan dengan memasak sendiri. Dengan memasak sendiri, kamu bisa membuat makanan untuk dua kali makan, yang tentunya akan lebih hemat daripada makan di luar. Begitu juga gaya hidup, misalnya kamu biasa membeli minuman dan makanan kekinian, kamu bisa menguranginya dan memasukkan uang gaya hidup itu ke tabungan liburan.
 
Pisahkan Tabungan Liburan dengan Tabungan dan Uang Lainnya
 
Salah satu alasan kenapa kamu belum dapat menabung untuk liburan adalah, kamu masih menggabungkan tabungan liburan dengan tabungan yang lain. Cara yang terbaik adalah memisahkannya. Lebih baik jika membuat rekening khusus untuk tabungan liburan, supaya tidak tercampur dengan keuangan lainnya. Dengan begitu, tidak ada alasan lain untuk memakai uang tabungan liburan. Disamping itu, kamu juga jadi lebih tahu berapa jumlah uang tabungan untuk liburan yang kamu miliki saat ini.
 
Ambil Pekerjaan Freelance
 
Jika ingin impian liburanmu terwujud, baiknya jangan menggantungkan pemasukan hanya dari satu sumber saja. Meskipun kamu sudah bekerja saat ini, carilah pekerjaan sampingan untuk menambah tabungan liburanmu. Hal ini juga membantu supaya kamu lebih cepat mengumpulkan uang tabungan liburan.
 
Jual Barang yang tidak Terpakai
 
Kebanyakan dari kamu adalah kolektor barang – barang, baik sepatu, tas, baju, dan barang lainnya. Kembalilah ke cara hidup sederhana dan selalu merasa cukup. Tidak perlu banyak memiliki baju, sepatu, tas, atau benda lainnya. Simpanlah yang masih kamu suka dan sering dipakai, dan jual lah barang yang sudah jarang kamu pakai. Dengan begitu, kamu bisa menambah pemasukan dan tentunya ruangan di rumahmu akan lebih lega.
 
Itulah cara yang dapat kamu gunakan untuk menambah tabungan liburan. Jika ingin mencari informasi tempat wisata kamu bisa mencarinya di https://telusurinusantara.com/. Jadi, kini liburan tidak hanya menjadi wacana saja.
 
 
 

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com