Sabtu , 5 Desember 2020

Cara Mendapatkan Ketenangan Batin di Tengah Wabah Virus Corona

18 April 2020 22:03 WIB


Ilustrasi Pria Meditasi. stopsatressandanxiety.com

JAKARTA, solotrust.com- Ketenangan batin sangat diperlukan saat pandemi virus corona seperti sekarang. Padahal, itu sebenarnya ada di dalam diri masing-masing.

Kita mencoba mencari kedamaian dan ketenangan dengan hal-hal duniawi, seperti uang, teman, pekerjaan, keluarga, dan sebagainya. Ketenangan batin tidak bisa didapat dari lingkungan luar, melainkan dengan membuat perubahan di dalam jiwa dan pikiran, termasuk menghadapi wabah COVID-19.



Tidak ada yang bisa membantu Anda mencapai ketenangan batin kecuali jika mengubah diri untuk jadi yang terbaik. Di dunia yang sibuk ini, ketika orang mengejar uang dan keuntungan sendiri, memang sulit untuk menjadi diri sendiri. Jangan pernah melupakan diri karena lingkungan bisa menggoda atau memaksa untuk berubah.

Beri cukup waktu untuk menganalisis ke arah mana Anda pergi dan di mana bisa menemukan kebahagiaan sejati. Jiwa bisa memberikan jawaban dan tidak mengabaikan apa yang dikatakannya kepada Anda.

Anda akan mendapatkan kedamaian dan kesendirian dengan melakukan sesuatu sesuai suara hati. Anda harus mendapatkan ketenangan batin secara perlahan dan ini adalah sesuatu yang tidak dapat dibeli atau pinjam.

Anda mungkin pernah mendengar banyak orang mengatakan mereka memiliki segalanya dalam hidup kecuali kedamaian. Ini menunjukkan bahwa memiliki ketenangan batin tidak bergantung pada status keuangan.

Apakah Anda ingin tahu bagaimana mendapatkan ketenangan batin? Berikut tips yang bisa membantu, dilansir Boldsky.

 

1. Hidup sederhana

Tidak ada salahnya menjadi sederhana dan tidak ada untungnya dengan menjadi rumit. Tuhan telah menciptakan kita untuk menjadi sederhana dan membuat hal-hal sederhana di sekitar. Kesederhanaan adalah faktor utama yang akan membawa ketenangan batin. Menjadi sederhana membantu mengarahkan energi dan usaha ke dalam satu titik tunggal. Jangan persulit hidup dengan hal-hal yang tidak perlu, seperti gosip, pamer, dan pertemanan dari nilai, status, dan standar.

 

2. Hiduplah di masa kini dan lupakan masa lalu

Masa lalu telah berlalu dan masa depan tidak dapat diprediksi. Jadi, mengapa harus menguras energi pada hal-hal yang berada di luar kendali. Berhentilah terobsesi dengan masa lalu atau masa depan karena akan mencegah Anda merasa bahagia. Nikmati masa kini. Hidup ini singkat, maka nikmati setiap hari yang dilewati.

 

3. Bersyukurlah

Salah satu cara penting untuk mendapatkan ketenangan batin adalah dengan berpikir bahwa Anda diberkati. Syukurilah setiap hal kecil yang didapatkan dalam hidup sebagai berkah. Bahkan napas yang dihirup adalah berkah. Jangan abaikan orang-orang yang jarang mendapatkan makanan, pakaian, dan tempat berteduh. Ungkapkan sikap bersyukur kepada Tuhan dan kepada orang-orang di sekitar yang membuat hidup indah.

 

4. Buka pikiran untuk perubahan

Jangan mengikuti hukum tanpa dasar karena pandangan atau pendapat harus berubah dari waktu ke waktu. Jika yakin suatu hal tertentu pada titik waktu tertentu, Anda tidak perlu tetap berpegang pada pandangan itu. Pandangan seharusnya tidak menjadi hukum dan Anda harus mengubahnya jika merasa salah. Jangan mencoba untuk memenangkan sebuah argumen hanya demi memenangkannya. Sambut pendapat baru dan ucapkan terima kasih kepada orang-orang karena memperkaya pengetahuan.

 

5. Ada terang setelah kegelapan

Kesedihan atau masa-masa sulit tidak akan selamanya ada. Waktu akan berlalu dan hal-hal baru akan menghampiri. Nikmati bahkan masa-masa sulit sekali pun karena ini akan membuat lebih kuat dan mengerti hidup dengan lebih baik. Ujian dalam hidup datang untuk membuat Anda mendapatkan lebih banyak kepercayaan dan keyakinan. Jadi, kuatkanlah dan lepaskan semua kekhawatiran, kesedihan, rasa sakit dan ketidakpercayaan.

 

6. Lepaskan ego

Ego adalah hal yang dapat merusak ketenangan batin. Lepaskan semua kebanggaan dan ego, dan pegang diri Anda yang sebenarnya. Jika merasa sulit untuk menyerah kapan pun Anda membutuhkan bantuan dari orang lain dan pada saat tidak ada ego di dalam diri, cobalah menjadi seperti itu selama sisa hidup. Anda tidak pernah tahu kapan waktu akan membuat Anda mencari pertolongan lagi. Dengan cara ini Anda akan berhenti egois dan mendapatkan ketenangan batin yang luar biasa.

 

7. Ubah lingkungan

Biarkan udara segar, sinar matahari, dan angin sepoi-sepoi memasuki kamar. Ini akan membuat Anda merasa nyaman dan rileks. Ketenangan batin juga bergantung pada lingkungan luar. Lakukan pembersihan dan atur hal-hal dengan cara yang benar. Ini akan membuat Anda merasa puas dan mendapatkan ketenangan batin. #teras.id

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com