Serba serbi

Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi selama Wabah Virus Corona

Kesehatan

19 April 2020 08:04 WIB

Ilustrasi.


JAKARTA, solotrust.com- Menerapkan gaya hidup sehat saat pandemi virus corona itu penting untuk memastikan risiko terinfeksi berkurang. Kurang bergerak karena beraktivitas di dalam rumah bisa mengakibatkan kulit dehidrasi serta penyakit dan masalah kesehatan lain yang tidak diinginkan dari waktu ke waktu.



Tetap terhidrasi tidak menjamin Anda terlindungi dari virus, tetapi ini penting untuk kesehatan secara keseluruhan dalam jangka panjang. Berikut beberapa manfaatnya seperti dilansir Medical Daily.

 

1. Kesehatan jantung dan ginjal

Dehidrasi dapat mempengaruhi kesehatan jantung, fungsi ginjal, keseimbangan elektrolit, dan fungsi tubuh lain secara negatif. Kunci untuk menghindarinya, menjaga hidrasi. Hidrasi yang tepat tidak hanya membutuhkan cairan yang tepat untuk dikonsumsi tetapi juga menjaga keseimbangan yang tepat dalam tubuh.

Meskipun jumlah yang dibutuhkan bervariasi berdasarkan usia atau ukuran orang tersebut, ada baiknya menargetkan setidaknya delapan gelas setiap hari. Untuk anak-anak, asupannya bisa lima hingga enam gelas per hari mungkin diperlukan, dan lebih dari 10 gelas setiap hari untuk remaja.

 

2. Meningkatkan kekebalan

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari, minum cukup cairan juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tetap terhidrasi sangat penting, bahkan jika Anda sudah sakit karena virus. Pastikan Anda mencukupi kebutuhan cairan sepanjang hari, terutama jika menderita gejala gastrointestinal seperti muntah, diare, atau mual. Gejala gastrointestinal adalah beberapa penyebab utama dehidrasi pada anak-anak.

 

3. Kesehatan kulit

Dehidrasi dapat menyebabkan kulit menjadi kurang elastis sehingga menyebabkan kering dan kasar. Meskipun penelitian belum mengkonfirmasi hal ini, laporan menunjukkan banyak orang yang mengalami perbaikan kulit melalui hidrasi yang memadai.

 

4. Cegah sembelit

Anak-anak sering mengeluh mengalami sembelit dan biasanya karena tidak minum cukup cairan sepanjang hari. Meskipun pilihan serat dan makanan dapat mengurangi kemungkinan mengalami konstipasi, Anda juga perlu minum cukup air setiap hari.

 

5. Jaga suhu tubuh

Tetap terhidrasi membuat Anda tetap tenang karena membantu mengatur suhu tubuh. Ini sangat penting ketika Anda berolahraga setiap hari karena dehidrasi dapat menyebabkan lelah di tengah-tengah latihan. #teras.id

(wd)