Senin , 10 Agustus 2020

Udara di Jakarta Semakin Bersih, Ini Buktinya

18 April 2020 14:02 WIB


(dok.instagram @rivaldi_penzol)


JAKARTA, solotrust.com- Warga Jakarta selama penerapan work from home dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat pandemi Covid-19 bisa melihat dua gunung yang berada di Bogor, Jawa Barat yaitu Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak.



Sejumlah foto penampakan gunung itu beredar di media sosial dan membuat beberapa warga Ibu Kota kaget.

Direktur Eksekutif Nasional WALHI, Nur Hidayati berujar bahwa penampakan gunung-gunung itu merupakan peristiwa yang wajar.

"Kalau udara Jakarta bersih, tidak ada polusi yang menghalangi pandangan, ya memang harusnya kelihatan," kata dia dalam acara live Instagram Cintai Lagi Bumi Kita, Sabtu (18/4/2020).

Tidak terlihatnya gunung Gede dan Salak dari Jakarta selama ini, kata Hidayati, menunjukkan adanya masalah polusi udara di Ibu Kota. Polusi tersebut dihasilkan dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik dan pembangkit listrik bertenaga batu bara di sekitar Jakarta.

"Itu menyebabkan udara Jakarta jadi butek," kata dia.

Hidayati mengatakan, masa pandemi Covid-19 yang kemudian berubah imbauan untuk work from home memang menyebabkan adanya penurunan penggunaan kendaraan bermotor. Namun, terlihatnya kembali gunung dari Jakarta juga disebabkan faktor lain.

"Ada hujan juga, partikel pencemaran udara menjadi larut. Terus arah angin, mengusir partikel itu keluar dari Jakarta. Jadi Kombinasi dari semuanya," kata Hidayati.

Di Instagram, sejumlah pemilik akun membagikan foto penampakan gunung-gunung dari Jakarta selama masa pandemi. Salah satunya adalah @rivaldi_penzol. Foto yang diunggah menunjukkan gunung terlihat dari kawasan Kembangan, Jakarta Barat. #teras.id

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com