Minggu , 17 November 2019

10 Kota di Dunia yang Paling Banyak Dikunjungi Tahun 2017

23 Desember 2017 12:30 WIB


Istanbul, Turki. (Instagram)

SOLO, solotrust.com – Tahun 2017 segera berakhir. Selama setahun ini, ratusan kota di dunia telah menjadi destinasi bagi jutaan wisatawan. Nah, kota apa saja ya menjadi tempat tujuan wisata paling tinggi selama setahun ini?

Setiap tahun, Mastercards merilis Global Destination Cities Index yang meranking lebih dari 130 kota berdasarkan kepopularitasannya diantara para turis. Penilaian tersebut didasarkan pada beberapa hal seperti jumlah wisatawan yang mengunjungi kota tersebut, berapa lama mereka menghabiskan waktu untuk liburan di sana, pembelian tiket pesawat serta pembelian suvernir.



Nah, ini dia ulasan 10 kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan selama 2017. Istanbul di Turki menduduki peringkat ke-10 sedangkan kota Bangkok di Thailand merajai destinasi wisata tahun ini.

Istanbul, Turki

Dengan bangunan-bangunan kunonya, kota Istanbul menyajikan daya tariknya sendiri bagi para wisatawan. Bangunan seperti Galata Tower atau menara kuno berbentuk silinder menjadi salah satu landmark Turki. Ada juga Galata Bridge yang merupakan salah satu jembatan yang melintasi teluk Golden Horn di Istanbul. Di lantai bawah jembatan tersebut, terdapat restoran-restoran dan kafe yang menawarkan atmosfer serta pemandangan indah. Destinasi lain di Istanbul yang menarik banyak wisatawan adalah Maiden’s Tower, Aya Sofya, Blue Mosque, Topkapi Palace, Dolmabahce Palace, Basilica Cistern, dan Grand Bazaar.  Menurut data, jumlah wisatawan yang berkunjungi kes Istanbul tahun ini adalah sebanyak 9,24 juta.

Kuala Lumpur, Malaysia

Kuala Lumpur banyak dikunjungi wisatawan baik untuk wisata belanja, wisata modern, wisata tradisional hingga wisata kuliner. Salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi adalah Menara Kembar Petronas yang terletak di pusat kota Kuala Lumpur. Menara dengan ketinggian 452 meter dengan 88 lantai ini sangat menarik banyak wisatawan. Mereka bisa berfoto-foto dan menikmati pemandangan dari atas. Tempat wisata lain yang populer di Kuala Lumpur adalah Kuala Lumpur Bird Park, ChinaTown sebagai surga belanja, Kuala Lumpur Tower, Batu Caves yang merupakan tempat suci bagi umat Hindu dan Jalan Alor dimana banyak street food yang menjadi wisata kuliner. Menurut data, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kuala Lumpur adalah sebanyak 12,08 juta.

New York, Amerika Serikat

New York sebagai kota yang menjadi pusat hiburan, fesyen, teknologi, dan media di Amerika Serikat menawarkan banyak sekali objek wisata. Salah satunya adalah Times Square. Time Square adalah sebuah persimpangan jalan yang sibuk dan ramai dengan papan iklan warna-warni di sekelilingnya. Di kawasan ini, banyak sekali terdapat berbagai industri hiburan seperti Theater Broadway. Di kawasan ini juga terdapat banyak plaza yang unik dan ikonik di mana wisatawan biasanya nongkrong sambil memesan minuman atau makanan di restoran di sekitar sana. Objek wisata lain di New York yang sering dikunjungi wisatawan adalah Patung Liberty, Empire State Building, Central Park, Fifth Avenue, Wall Street, dan Brooklyn Bridge. Menurut data, jumlah wisatawan yang berkunjung ke New York  setahun ini adalah sebanyak 12,36 juta.

Seoul, Korea Selatan

Meledaknya K-pop dan K-drama juga mempengaruhi jumlah wisatawan dunia yang mengunjungi ibu kota dari Korea Selatan ini. Dari wisata budaya, wisata hiburan hingga belanja, semuanya tersedia di sini. Sebut saja pasar Myeongdong, tempat ini adalah surga belanja di Korea Selatan. Berbagai mode pakaian terbaru, kosmetik hingga kuliner bisa didapatkan di sini. Di Myeongdong, pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan Natnta yang merupakan drama komedi nonverbal dengan menggunakan alat-alat musik dapur sebagai perkusi. Bagi yang suka dengan wisata budaya, pengunjung dapat mengunjungi berbagai bangunan bersejarah yang juga sering kita lihat di drama-drama Korea seperti Istana Changedeok (Changdeokgung), Istana Gyeongbok (Gyeongbokgung), dan Bucheon Village. Pengunjung yang ingin suasana romantis bisa juga mengunjungi Namsan Tower yang sangat indah di malam hari, bernostalgia dengan drama seperti Boys Before Flower dan Princess Hours. Menurut data, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Seoul selama 2017 adalah sebanyak 12,44 juta.

Tokyo, Jepang

Jika pergi ke ibu kota Jepang ini, destinasi wisata yang tidak bisa dilewatkan adalah melintasi penyeberangan di Shibuya. Berada di tengah-tengah kerumuman orang yang sedang lalu-lalang berjalan tentu menjadi hal yang sangat menarik. Bagi penggemar si anjing setia Hachiko, wisatawan juga bisa berfoto dengan patung Hachiko yang berada persis di depan stasiun Shibuya. Bagi penggemar fesyen, wisatawan dapat mengunjungi kawasan “nyentrik” di Harajuku. Bagi penggemar grup AKB48, wisatawan bisa jalan-jalan ke kawasan Akihabara untuk foto di AKB48 café and shop. Menurut data, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Tokyo tahun ini adalah sadalah sebanyak 12.51 juta.

Singapura

Banyak sekali destinasi wisata yang menarik di kota kecil ini. Sebut saja Patung Merlion yang merupakan simbol dari negara Singapura. Wisatawan banyak yang mengambil foto di depan patung ini ketika berwisata di sana. Di dekat Merlion, terdapat pula gedung bernama Esplanade yang juga disebut dengan gedung mata lalat. Tempat ini juga memantik banyak kunjungan wisatawan. Selain itu, ikon wisata lain di Singapura adalah Sentosa Island yang menawarkan berbagai macam wahana hiburan, Haw Par Village yang merupakan taman yang berisi banyak kebudayaan Cina, Kampung Arab, Little India dan juga Bugis Street. Menurut data, jumlah wisatawan yang berkunjung kes Singapura pada tahun ini adalah sebanyak 13,45 juta.

Dubai, Uni Emirat Arab

Dubai adalah kota metropolitan yang berkembang sangat pesat dan menyuguhkan banyak tempat wisata yang menarik. Salah satu destinasi yang paling terkenal di sini adalah Burj Al Arab yang merupakan hotel dengan artistektur mewah yang dibangun di atas pulau buatan. Dengan 66 lantai, hotel ini menjadi ikon kota Dubai. Tempat lain yang menarik di kota ini adalah Palm Jumeriah yang merupakan pulau buatan dengan bentuk sangat unik, Burj Khalifa yang merupakan menari tertinggi di dunia dan miracle garden yang merupakan taman bunga  dengan bentuk, jenis dan warna-warna yang cantik. Bagi penggemar emas dan perhiasan, wisatawan dapat mengunjungi Gold Sulk. Menurut data, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Dubai tahun ini adalah adalah sebanyak 16,01 juta.

Paris, Perancis

Siapa yang tak kenal dengan kota ini? Menara Eiffel yang merupakan menara yang menjadi ikon kota Paris ini menjadi tempat wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Paris. Bagi yang ingin suasana romantis, jembatan gembok cinta di Paris menjadi banyak pilihan wisatawan. Selain itu, tak lengkap rasanya ke Paris tanpa keliling kota dengan naik kapal menyusuri Sungai Seine. Beberapa bangunan lain yang juga menjadi daya tarik wisatawan dunia untuk ke Paris adalah Arch de Triomphe, Place de la Concorde, Museum Louvre, Katedral Notre Dame Paris, dan Montmartre. Menurut data, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Paris tahun ini adalah sebanyak 16,13 juta.

London, Inggris

London dikenal dengan wisata kerajaannya. Sebut saja Buckingham Palace yang merupakan tempat tinggal resmi raja dan ratu di Inggris dan Kensington Palace yang merupakan tempat Kate dan William tinggal dengan taman bunga yang indah. Tempat lain yang menjadi primadona di London adalah Menara London, Taman Hyde yang merupakan taman rusa pribadi milik Raja Henry VIII dan St.James Park. Menurut data, jumlah wisatawan yang berkunjung kes London tahun ini adalah sebanyak 20.01 juta.

Bangkok, Thailand

Dengan jumlah pengunjung mencapai 20.19 juta, Bangkok menjadi destinasi wisata paling banyak dikunjungi selama 2017. Dari wisata religi, hiburan hingga kuliner siap menyambut wisatawan di sana. Royal Grand Palace yang merupakan bangunan terindah di kota Bangkok menjadi tempat wisata terpopuler dan sekaligus menjadi simbol Kota Bangkok. Untuk wisata religi, terdapat objek wisata seperti Kuil Fajar (Wat Arun), Kuil Budha Berbaring (Wat Pho), Kuil Budha Zamrud (Wat Phra Kaew). Ada juga wisata akuarium Siam Ocean World bagi yang menggemari dunia bawah laut. Dan bagi yang ingin backpacker-an, wisatawan biasanya mengunjungi Khao San Road yang menyediakan berbagai barang dengan harga lebih murah. Wisatawan yang ingin berburu streef food juga banyak yang mengunjungi Yaowarat road yang merupakan surga bagi para pecinta kuliner. 

Nah, itulah 10 kota di dunia yang paling banyak dikunjungi wisatawan di tahun 2017. (Lin)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com