Jumat , 14 Agustus 2020

Cara Menata Rumah Kecil Untuk Para Pemula

30 Maret 2020 16:45 WIB


Solotrust.com - Anda pasangan baru menikah? Anda tentu ingin mewujudkan rumah yang nyaman untuk keluarga kecil anda. Hanya saja, mendesain rumah bukanlah hal yang mudah untuk para pemula. Namun, jangan khawatir anda tetap bisa mewujudkan rumah impian yang nyaman, walaupun kecil dengan cara menata rumah kecil untuk pemula berikut ini.

Memilih Warna yang Tepat
 
Boleh-boleh saja memilih warna kesukaan untuk diaplikasikan pada rumah minimalis. Namun, perlu anda ketahui tidak semua warna cocok untuk rumah mungil. Terlebih lagi rumah mungil memiliki ukuran ruangan yang terbatas.
Agar rumah mungil anda terasa lebih luas, anda bisa memilih warna terang. Salah satu warna terbaik yang bisa dijadikan pilihan yaitu warna putih. Warna putih akan membuat ruangan kecil terasa lebih luas. Selain warna putih, anda juga bisa memilih warna lainnya seperti warna krem atau warna muda yang cantik untuk diaplikasikan di rumah mungil anda.
 
Jika warna kesukaan anda adalah warna-warna gelap, anda tetap bisa mengaplikasikannya pada dekorasi pelengkap seperti hiasan dinding ataupun karpet.
 
Jangan Menggunakan Pola Berlebihan
 
Tidak hanya warna gelap, pola yang terlalu ramai juga akan membuat ruangan di rumah anda terasa lebih sempit. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan pola pada rumah anda. Jika anda hendak mengaplikasikan pola, maka pilihlah pola yang sederhana. 
 
Pemilihan pola yang tepat akan menciptakan efek visual pada ruangan. Misalkan, pola horizontal dapat membuat ruangan terlihat lebih tinggi, sedangkan untuk pola vertikal akan menjadikan ruangan lebih lebar. Anda bisa memilih pola disesuaikan dengan kondisi ruangan.
 
Jangan Gunakan Sekat Pada Ruangan
 
Hindari menggunakan sekat pada setiap ruangan di rumah anda. Akan lebih baik jika anda menggabungkan ruangan agar terasa lebh luas. Contohnya, anda bisa menggabungkan ruang makan dengan dapur. Bahkan ruangan-ruangan tersebut bisa juga digabungkan dengan ruang keluarga.
 
Pilih Perabotan yang Transparan
 
Pemilihan perabotan sebaiknya diperhatikan juga. Anda bisa mencoba memilih perabotan dengan material yang transparan. Perabotan ini akan menciptakan kesan ruangan yang lebih luas di rumah anda. Anda bisa memilih perabotan dengan material kaca dan akrilik, serta cermin untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas.
 
Perabot yang Multifungsi
 
Selain memilih perabotan dengan material yang transparan, anda juga bisa memilih perabotan yang multifungsi. Contohnya tempat tidur atau kursi dengan kolong yang memiliki laci untuk tempat penyimpanan.
 
Anda juga sebaiknya memilih perabotan minimalis dengan detail yang minim dan ukurannya kecil. Tidak hanya itu, dalam mendesain rumah mungil anda juga harus meminimalisir dekorasi dan aksesoris. Sebaiknya gunakan aksesoris atau dekorasi seperlunya saja. 
 
Perhatikan Pencahayaan
 
Dibandingkan ruangan yang gelap, ruangan terang akan terasa lebih luas. Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan pencahayaan di rumah anda. Anda bisa membuat banyak jendela di rumah anda agar cahaya matahari dapat masuk ke rumah anda lebih banyak. Hanya saja, jika anda tidak bisa menghadirkan banyak jendela di rumah, anda bisa mengatur pencahayaan dengan lampu. 
 
Ukuran rumah tidak akan menjamin kenyamanan. Walaupun ukuran rumah anda kecil, namun anda bisa mendesainnya dengan maksimal agar terasa lebih nyaman dan terkesan lebih luas. Semoga beberapa tips desain rumah minimalis kecil yang kami hadirkan di atas dapat membantu anda mendesain rumah kecil anda.
 
Sumber : Polarumah.com

(wd)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com