Jumat , 23 Oktober 2020

Bang Si Hyuk Ungkap Apa yang Membuatnya Terus Maju demi Industri Musik yang Lebih Masuk Akal

16 Maret 2020 08:07 WIB


Bang Si Hyuk, BTS. (Dok. Big Hit Entertainment).


Solotrust.com - Bang Si Hyuk, founder Big Hit Entertainment mengungkapkan apa yang membuatnya terus maju demi industri musik yang lebih masuk akal saat memberikan pidato kelulusan di almamaternya, Seoul National University (SNU).



Bang Si Hyuk sendiri pernah mengeyam pendidikan jurusan estetika di universitas itu. Dia kemudian masuk ke industri musik sebagai komposer dan penulis lirik di JYP Entertainment, yang kemudian keluar untuk membentuk agensinya sendiri, rumah bagi BTS dan TXT.

Dalam pidatonya, ia mengungkap bahwa ketidakpuasan dan kemarahan menjadi semacam bahan bakarnya untuk menuju perubahan.

“Saya tidak memiliki mimpi tertentu, tetapi ketika saya memikirkan sumber yang mendorong saya, saya menyadari itu adalah ketidakpuasan dan kemarahan saya," kata Bang.

Ia melanjutkan, "Saya marah pada sikap santai yang memilih untuk memilih alternatif dan bukan apa yang terbaik, dan kompromi yang dilakukan orang dengan menyelesaikan hal-hal dalam hasil yang sedang-sedang saja. Saya melewati setiap hari untuk membuat konten terbaik tanpa kompromi."

Bang melanjutkannya dengan mengatakan bahwa dalam perjalannya ia menemui banyak rintangan yang membuatnya marah.

"Saya sangat marah dan tidak senang dengan situasi bisnis hiburan karena itu lari dari akal sehat. Saya selalu marah, berjuang dengan masalah ini, yang berlanjut hingga hari ini. Sekarang, saya merasa bahwa kemarahan saya adalah panggilan saya," katanya

Lahir dari agensi kecil, BTS kurang bisa tampil di media-media Korea. Mereka hanya tampil dalam 5 acara TV dari debut mereka tahun 2013 hingga 2018. Situasi itu membuat mereka hanya fokus pada musik dan seproduktif mungkin membuat konten-konten sendiri seperti vlog yang diunggah di kanal YouTube BANGTANTV. Alih-alih menggunakan kanal TV konvensional, BTS memanfaatkan kanal online.

Di Korea, artis memang seperti harus melakukan promosi seperti tampil di acara musik, hiburan, dan juga reality show untuk mempromosikan musik mereka.

 “Orang-orang berpikir bahwa ambisi saya menuntun saya pada sikap yang tenang, tetapi itu tidak terjadi. Perjalanan saya terjadi begitu tiba-tiba sehingga saya tidak ingat bagaimana saya masuk ke industri musik, meninggalkan JYP Entertainment dan mendirikan Big Hit Entertainment. Hal-hal ini tidak tercapai melalui mimpi. Ketidakpuasan dan kemarahan menyebabkan perubahan dan kembali sebagai kebahagiaan," lanjutnya.

Bang juga mengatakan kepada para hadirin untuk tetap "marah" saat melihat situasi yang tidak masuk akal di masyarakat dan kemudian "memeranginya".

 “Ketika kalian mulai bekerja di masyarakat, akan ada banyak hal yang absurd dan tidak masuk akal, tapi saya ingin kalian marah seperti saya dan berjuang melawannya. Hanya dengan bertarunglah masalah bisa diselesaikan dan perubahan akan datang," kata Bang Si Hyuk. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com