Hard News

Bus Pariwisata Terbakar

Jateng & DIY

20 Desember 2017 15:11 WIB

Bus terbakar. (solotrust.com/arif)

SUKOHARJO, solotrust.com - Diduga mengalami hubungan pendek, sebuah bus parisiwisata  PO Frizha W7885UY terbakar di Jalan raya Solo –Jogja tepatnya di Desa Tempel Kecamatan Gatak, Rabu (20/12/2017). Beruntung dalam kejadian tersebut seluruh penumpang yang merupakan siswa dan guru rombongan SD Wangkal, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur sudah dievakuasi di lokasi yang aman, sehingga tidak ada korban jiwa. Kejadian tersebut ditangani oleh unit laka Satlantas Polres Sukoharjo.

Pembina SD Wangkal Muhammad Irfan mengatakan, rombongan tersebut berangkat dari Wangkal, Krembung Selasa (20/12/2017) pukul 21.00 WIB untuk berwisata ke Yogyakarta. Selama perjalanan memang tidak ada yang merasa aneh. Namun, setelah sampai lokasi Desa Tempel, Gatak Sukoharjo, para murid merasakan bau asap.



Saat yang bersamaan ada pengendara jalan yang juga mengingatkan bila di bagian belakang bus terdapat percikan api. Selain itu, rombongan dalam bus juga mengingatkan sopir akan adanya percikan api. Akhirnya bus menepi dan diparkir di dekat Kantor Desa Tempel, Gatak. ”Semua keluar dari bus anak-anak dan rombongan. Sempat ada upaya pemadaman, tapi api sudah membesar dan membakar bus,” papar dia.

Murid SD dan rombongan lainnya kemudian diamankan di Kantor Desa Tempel. Beberapa barang – barang yang ikut terbakar diantaranya adalah Tas, Handphone. Namun, Irfan bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Setelah ditangani pihak berwajib, rombongan menunggu bus pengganti.

Sementara itu, ada tiga pemadam kebakaran yang ikut memadamkan api yakni Solo, Boyolali, dan Sukoharjo. Pemadaman tidak berlangsung lama, kurang dari setengah jam api sudah bisa dipadamkan. ”Kita ikut bantu posisi dengan TKP paling dekat,” kata Komandan Regu Damkar Surakarta, Budi Raharjo di lokasi.  

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Sukoharjo Margono mengatakan, penyebab kebakaran adalah korsleting AC pada bus tersebut. Akibatnya api merembet dan membakar habis bus. Dia mengatakan, saat kejadian ada sebuah mobil pick up yang mengingatkan bus tersebut muncul percikan api.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Finan Sukma Radipta mengatakan, kejadian tersebut sudah ditangani anggota lantas. “Anggota turun lapangan begitu ada laporan.” Jelasnya. (arif)

()