Serba serbi

Gara-gara Corona, Bandara Soetta Kurangi Frekuensi 7 Rute Luar Negeri

Kesehatan

7 Maret 2020 19:55 WIB

Ilustrasi.


JAKARTA, solotrust.com- PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan bahwa penangguhan (suspended) penerbangan internasional secara penuh di Bandara Soekarno-Hatta hanya berlaku pada rute dari dan menuju Tiongkok. Kebijakan terbaru pemerintah Indonesia terkait perkembangan virus corona (COVID-19) tidak melarang penerbangan dari dan ke Korea Selatan, Iran dan Italia.



“Penerbangan dari Jakarta ke Seoul dan sebaliknya masih dioperasikan di Soekarno-Hatta,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, melalui siaran pers, Sabtu (7/3/2020).

Seperti diketahui, sesuai laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saat ini tengah terjadi kenaikan signifikan kasus virus corona di Korea Selatan, Iran dan Italia.

Selain ketiga negara itu, negara-negara lain juga tengah menghadapi tantangan penyebaran virus corona. Namun demikian, kata Awaluddin konektivitas internasional di Bandara Soekarno-Hatta tetap terjaga dengan masih dioperasikannya rute internasional eksisting, meski ada pengurangan frekuensi pada ketujuh rute penerbangan internasional.

Rute-rute penerbangan internasional yang beroperasi dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta yang alami pengurangan frekuensi pada Maret 2020, antara lain, pertama Singapura pengurangan frekuensi terbang dilakukan oleh Singapore Airlines, Garuda Indonesia dan AirAsia Indonesia.

Kedua Bandara Soetta dari dan menuju Hong Kong dilakukan pengurangan frekuensi terbang oleh Cathay Pacific dan Garuda Indonesia. Ketiga ke Bangkok, Thailand frekuensi penerbangan internasional dikurangi oleh Thai Airways, Thai Lion Air serta AirAsia Indonesia.

Empat, dari dan menuju Taipei pengurangan frekuensi terbang dikurangi oleh Eva Air. Kelima, Hanoi dan Ho Chi Minh, Vietnam frekuensi terbang dikurangi oleh maskapai VietJet, serta dan Vietnam Airlines.

Enam, rute menuju dan dari Seoul, Korea Selatan frekuensinya dikurangi oleh Asiana Air, dan malah Korean Air tidak beroperasi sama sekali.

Terakhir, rute Kuala Lumpur, Malaysia frekuensi penerbangannya dikurangi  oleh Malaysia Airlines dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta.

Kemudian untuk rute-rute internasional lainnya masih tetap beroperasi dengan normal seperti penerbangan dari dan ke negara-negara di Timur Tengah, Asia Barat, serta Eropa.

Adapun bandara-bandara PT Angkasa Pura II saat ini memang belum melayani penerbangan langsung ke Italia dan Iran. Pemerintah juga tak melarang penerbangan dari dan ke Italia serta Iran, hanya melarang wisawatan masuk atau transit bagi yang dalam 14 hari terakhir sebelum tiba di Indonesia melakukan perjalanan dari sejumlah wilayah di Iran yaitu Tehran, Qom dan Gilan, serta di Italia yaitu Lombardi, Veneto, Emilia, Romagna, Marche dan Piedmont. #teras.id

(wd)