Serba serbi

COVID-19 Masuk Indonesia, Gubernur Ganjar Siagakan Ruang Isolasi Khusus

Kesehatan

4 Maret 2020 06:05 WIB

Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Dok. Slam/Humas Jateng)

SEMARANG, solotrust.com- Virus corona jenis baru (COVID-19) dinyatakan telah masuk Indonesia, Senin (2/3/2020). Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan seluruh pintu masuk ke Jawa Tengah telah diperketat dan dilengkapi dengan peralatan medis. 

"Seluruh pintu masuk ke Indonesia dan terutama Jawa Tengah saya pastikan telah diperketat dengan thermal scanner untuk deteksi dini," katanya, dilansir dari laman Humas Jateng, Senin (2/3).



Ganjar juga telah menyiapkan skenario penanganan jika virus ini terbawa hingga ke Jawa Tengah. Sejumlah rumah sakit, pos kesehatan di pelabuhan dan bandara, telah menyiapkan ruang isolasi khusus. 

"Pemerintah sudah melakukan langkah antisipasi dan penanganan termasuk isolasi berstandar World Health Organization (WHO)," imbuh Ganjar.

Yang tak kalah penting, dia meminta agar masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa dan tidak panik.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan sederhana, misalnya rutin mencuci tangan, dan mempelajari seluk beluk COVID-19, bagaimana penyebaran dan cara pencegahannya.

Apabila masyarakat merasakan gejala seperti flu dan demam, diminta untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. 

"Semoga seluruh rakyat negeri ini diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Amin," katanya.

Kabar terkait WNI yang positif terjangkit COVID-19 disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Senin (2/3/2020). Menurut Jokowi, dua warga negara Indonesia (WNI) tersebut sempat kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia. WN Jepang tersebut kemudian ke Malaysia dan dinyatakan positif tertular COVID-19. (Lin)

(wd)