Pend & Budaya

Kadisdik dan Dewan Pendidikan Pali Sumsel Studi Banding Ke SD Muh 1 Solo, Ini Tujuannya

Pend & Budaya

28 Februari 2020 13:28 WIB

Kepala Dinas Pendidikan dan Dewan Pendidikan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan melakukan kunjungan ke Kota Solo.

SOLO, solotrust.com- Kepala Dinas Pendidikan dan Dewan Pendidikan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan melakukan kunjungan ke Dinas Pendidikan Kota Solo. Dalam kesempatan sama, mereka berkunjung ke SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Kamis (27/2/2020).

“Terima kasih hari ini kami sudah diterima di SD Muhammadiyah 1 Surakarta, kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh sekolah ini, karena menjadi sekolah rujukan nasional. Marilah kita jadikan sekolah ini sebagai sekolah panutan kita semua, kami berharap sekolah ini bisa berbagi ke sekolah lain khususnya Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir atau PALI Sumsel,” ungkap Kamriadi, Kepala Dinas Pendidikan Pali.



Hal senada diungkapkan Sekretaris Dewan Pendidikan, Haris Mutaqin. Dirinya menuturkan maksud dan tujuan kedatangan mereka adalah untuk silaturahmi.

"Semoga membawa manfaat sekaligus menyampaikan ataupun melihat secara realitas atau nyata yang nantinya kita kemas dalam study banding bagaimana dan apa yang bisa kita terapkan. Saya percaya bahwa SD Muh. 1 sudah memiliki satu prestasi yang cukup besar baik nasional maupun internasional. Oleh karena itu apa yang kita lakukan sekarang memberikan dampak positif dan mengembangkan pendidikan karakter yang ada di Kabupaten Pali terutama Sumber Daya Manusianya sejajar dengan daerah lain sesuai harapan Bapak Bupati Ir. H. Heri Amalindo, M.M. dan salam dari Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah,” paparnya.

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Sri Sayekti mengatakan, untuk menjadi sekolah unggul dan rujukan ada tiga kunci, pertama kembangkan sekolah, kedua sejahterakan warga sekolah dan ketiga  jangan tinggalkan persyarikatan Muhammadiyah.

“Sebesar apapun sekolah ini, ini adalah Sekolah Muhammadiyah. Salah satu model mengkondisikan sekolah dengan terobosan M1 smart card berfungsi sebagi alat transaksi di BUM’s, kantin sehat, perpustakaan, absensi siswa, e money, e UKS, e Infaq, Lab Botani, MIPA, Bahasa, Komputer, Karawitan, Musik dan lab Jurnalistik dan Penyiaran Radio Solo Belajar,” ujarnya,

Dalam kunjungan yang berlangsung kurang lebih 60 menit, para tamu mengikuti audensi dan dilanjutkan kunjungan ke Kelas 1, Proses E-Money, Kantin sehat, Perpustakaan Modern Terakreditasi A dari Perpurnas RI, e- UKS modern di lengkapi satu set alat periksa gigi.

“Mari diamati, ditiru, dan lihat sendiri bagaimana inovasi sekolah, misal budaya antri ambil nasi, cuci piring, dan toilet kejujuran serta bank sampah,” pungkas Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Jatmiko.

Acara diakhiri penyematan PIN penghargaan karakter ramah anak, pembagian majalah tunas melati, tukar hadiah kedua belah pihak dan foto bersama dengan tim work 12 pimpinan sekolah. (awa)

(wd)