Pend & Budaya

Hebatt!!! Mahasiswa UNS Solo Raih Juara 1 Karya Tulis Sciencesational UI 2017

Pend & Budaya

19 Desember 2017 01:24 WIB

SOLO, solotrust.com - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas (UNS) Surakarta sukses meraih juara 1 lomba karya tulis mahasiswa dalam ajang Sciencesational 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 15 -18 November 2017 di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.
 
Sciencesational 2017 adalah kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Acara ini terdiri dari 2 (dua) kompetisi, yaitu kompetisi Legislative Drafting (Perancangan Undang-Undang) dan kompetisi Karya Tulis Ilmiah.
 
Kegiatan tahunan ini mengambil tema "Optimalisasi Ekonomi Kreatif untuk Penguatan Perekonomian Indonesia". UNS hanya mengirimkan 1 (satu) delegasi dari Fakultas Hukum UNS yang beranggotakan Padma Widyantari (2015), Aries Aditya Putra (2016), dan Gatut Adhi Suwandaru (2016). Kendati demikian, delegasi dari UNS berhasil lolos sampai pada tahap presentasi  dan berhasil meraih juara 1 (satu) Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Sciencesational 2017.
 
“Sciencesational 2017 diselenggarakan untuk menemukan solusi optimal atas permasalahan perekonomian di Indonesia ditinjau dari segi hukum. Sebelumnya, Indonesia lebih menekankan industri berbasis sumber daya alam dan padat karya untuk pertumbuhan perekonomian nasional. Kemudian, masa pemerintahan B.J. Habibie melihat Indonesia sulit bersaing  apabila hanya mengandalkan pada industri yang padat sumber daya alam dan padat karya. Muncullah pemikiran bahwa transformasi perekonomian dapat dilakukan melalui pendekatan industrialisasi berbasis teknologi yang padat modal dan mengunggulkan kapasitas sumber daya manusia yang andal”, kata Gatut Adhi Suwandaru.
 
Sistem ekonomi kreatif sendiri diprakarsai oleh pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Pada era pemerintahan Joko Widodo saat ini, keseriusan membangun perekonomian dengan jalan ekonomi kreatif meningkat. Terbukti dengan dibuatnya Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berdasarkan Perpres Nomor 6 Tahun 2015 tentang Badan Ekonomi Kreatif.
 
Bekraf merupakan lembaga non kementerian yang bertanggung jawab terhadap perkembangan ekonomi kreatif  di Indonesia serta bertugas membantu presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengkoordinasikan, dan mensinkronisasi kebijakan di bidang ekonomi kreatif. Namun, pemerintah masih menghadapi beberapa permasalahan terkait ekonomi kreatif. Permasalahan terkait peraturan yang mengatur mengenai eknomi kreatif maupun permasalahan terkait eksekusi kebijakan di bidang ekonomi kreatif dirasa masih belum optimal. Oleh karena itu Bekraf bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Indonesia menyelenggarakan kompetisi untuk mencari ide-ide baru yang mampu menunjang pertumbuhan ekonomi kreatif sehingga bisa menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.
 
"Pesan kami untuk seluruh mahasiswa/i UNS khususnya mahasiswa/i fakultas hukum, jangan takut mengutarakan gagasan kalian. Jangan takut ditertawai karena gagasan kalian tidak diterima. Gagasan kalian adalah harta kalian, kompetisi adalah tempat yang ideal untuk menyalurkan hal tersebut. Jangan takut gagal, hal yang perlu ditakuti adalah jika kamu tidak berani memulai", imbuh Padma Widyantari.
 
Sciencesational 2017 sendiri diikuti oleh 5 finalis kompetisi Legislative Drafting dan 7 finalis kompetisi karya tulis ilmiah. Total terdapat 6 Universitas dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi dalam  Sciencesational 2017. (Sq-A)

(redaksi)