Serba serbi

10 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Cukup Ampuh Bersihkan Paru-Paru

Kesehatan

27 Februari 2020 19:04 WIB

Ilustrasi.

JAKARTA- Hidup di tengah perkotaan tentu saja mempunyai resiko menghirup udara kotor, yang berasal dari asap kendaraan atau rokok.

Hal tersebut akan menimbulkan risiko masalah pernapasan, seperti asma, bronkitis, hingga pneumonia meningkat. Jangan khawatir, sudahkah Anda mencoba makanan pembersih paru-paru?



Sebenarnya, paru-paru adalah organ yang bisa 'membersihkan' dirinya sendiri, sesaat setelah ia terbebas dari paparan asap dan zat berbahaya. Contoh kecilnya adalah paru-paru mantan perokok. Namun, ada beberapa makanan pembersih paru-paru yang bisa menghilangkan iritasi serta lendir di dalamnya. Apa saja, ya?

 

1. Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai makanan pembersih paru-paru, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Kadar allicin di dalamnya bisa melawan infeksi dan peradangan. Bawang putih juga dipercaya sebagai makanan yang efektif meredakan gejala asma dan berpotensi mengurangi risiko paru-paru.

 

2. Apel

Buah berwarna merah yang lezat ini dianggap sebagai makanan pembersih paru-paru, karena mengandung banyak vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang bisa menjaga kesehatan sistem imun tubuh dan sistem pernapasan.Ketika fungsi sistem pernapasan Anda sehat, maka penyakit paru-paru dapat dicegah.

 

3. Jahe

Jahe, makanan “super” yang seringkali dipercaya mengobati banyak penyakit, juga masuk ke dalam daftar makanan pembersih paru-paru. Rempah-rempah yang satu ini diklaim bisa menghilangkan racun dari saluran pernapasan.

 

4. Teh hijau

Teh hijau sangatlah menyehatkan. Minuman ini mengandung banyak antioksidan yang berpotensi membersihkan segala peradangan dalam paru-paru. Bahkan, teh hijau dianggap mampu menjaga jaringan paru-paru dari efek berbahaya asap polusi.

 

5. Kacang-kacangan

Supaya fungsi paru-paru dalam menyebarkan oksigen menjadi optimal, kadar hemoglobin yang sehat sangat dibutuhkan. Kacang-kacangan menjadi makanan pembersih paru-paru yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah Anda.

 

6. Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan vitamin C yang sangat tinggi. Itulah sebabnya, blueberry dipercaya bisa memberantas kerusakan radikal bebas yang menyerang paru-paru Anda.

 

7. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin C, karotenoid, folat, dan fitokimia yang bisa mencegah kerusakan paru-paru. Brokoli juga disebut memiliki senyawa aktif bernama L-sulforaphane, yang bisa mengelabui sel pengaktif gen anti-inflamasi. Hal ini membuat sistem pernapasan menjadi sehat.

 

8. Cabai rawit

Cabai rawit menjadi salah satu rempah-rempah yang disukai orang Indonesia. Rasa pedasnya memang memberikan kenikmatan lebih pada makanan. Selain itu, cabai rawit juga mengandung capsaicin, yang membantu tubuh merangsang sekresi serta melindungi selaput lendir dari saluran pernapasan bagian atas dan bawah.

 

9. Air putih

Selain teh hijau, air putih juga bisa menjadi minuman pembersih paru-paru. Sebab, paru-paru kering menjadi salah satu penyebab peradangan dan iritasi. Minumlah air putih minimal8 gelas per hari.

 

10. Kunyit

Senyawa kurkumin yang dikandung kunyit, menjadikan rempah-rempah ini memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa inilah yang membantu meredakan peradangan dalam saluran napas dan sesaknya dada akibat asma.

Perlu diingat, beberapa makanan pembersih paru-paru di atas tidak dianjurkan untuk menjadi pengganti obat-obatan dokter. Jika memang Anda memiliki masalah pada paru-paru dan sistem pernapasan, segeralah meminta perawatan dokter. #teras.id

(wd)