Hard News

Banjir Kepung Jakarta, Ini Pesan Gubernur Anies Baswedan

Hard News

25 Februari 2020 11:01 WIB

Hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarnya mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah sejak Selasa (25/02/2020) dini hari

JAKARTA, solotrust.com - Hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarnya mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah sejak Selasa (25/02/2020) dini hari. Menyikapi hal ini, Gubernur DKI Jakarta  Anies Baswedan langsung mengambil beberapa langkah teknis.

Gubernur Anies lewat pesan WhatsApp yang ditujukan kepada segenap jajarannya menyampaikan, Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan ekstrem. Pada Senin (24/02/2020) hingga Selasa (25/02/2020) dini hari, Jakarta kembali dilanda hujan lebih lebat, lebih lama, dan lebih merata.



"Dampaknya sudah terlihat di banyak wilayah pagi ini. Kembali saya instruksikan agar seluruh jajaran turun tangan membantu penanganan banjir, hadir membantu masyarakat," serunya dalam pesan WhatsApp yang diterima solotrust.com.


Berikut beberapa instruksi disampaikan Gubernur Anies kepada segenap jajarannya.

1. Siapkan evakuasi warga terdampak. Pastikan tempat-tempat pengungsian segera siap. Kantor-kantor milik pemprov (pemerintah provinsi) segera disiapkan sebagai tempat pengungsian.

2. Siapkan dapur umum, pos kesehatan, tenaga kesehatan, obat-obatan, makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum, dan segala kebutuhan lainnya.

3. Pastikan keamanan warga di tempat tinggal dan di jalanan. Amankan warga dari bahaya listrik, pohon tumbang, dan lain-lain.

4. Bantu kelancaran lalu lintas, bantu mobilitas warga di jalan, amankan transportasi publik.

5. Pastikan warga dan publik mendapat update informasi yang valid secara terus-menerus.

6. Jangan posting foto-foto seremonial atau kegiatan kurang penting lainnya, gunakan grup-grup hanya untuk komunikasi penting dan mendesak.

7. Khusus hari ini, tunda pertemuan/rapat yang tak mendesak. Seluruh jajaran turun membantu penanganan banjir. Koordinasi dengan wali kota/wilayah terdampak.

8. Wali kota pimpin dan koordinasi seluruh kegiatan di lapangan dengan semua jajaran di wilayahnya. Arahkan jajaran wilayah tak terdampak untuk membantu wilayah terdampak.

9. Seperti biasa, tetap pastikan keamanan, keselamatan, dan kesehatan Ibu/Bapak semua dalam bekerja membantu warga.

"Selamat bertugas, semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan memberikan ridho atas semua ikhtiar kita dalam menanggulangi situasi ini. Aamiin," tutup gubernur DKI dalam pesannya.

(redaksi)