Entertainment

Bantu Fans Belajar Bahasa Korea, Big Hit Ciptakan Media Belajar dengan Konten BTS

Selebritis

10 Februari 2020 08:09 WIB

Big Hit memperkenalkan konten media belajar Bahasa Korea bersama BTS (Dok. Big Hit Entertainment)

Solotrust.com - BTS akan segera merilis konten media belajar pertamanya, dimana para penggemarnya akan bisa belajar Bahasa Korea dengan lebih mudah.

Pada 5 Februari 2020, agensi BTS yakni Big Hit Entertainment mengunggah briefing tahunan perusahaan yang dihelat di Dongdaemun Design Plaza, Seoul dengan judul "1H 2020 Big Hit Corporate Briefing with the Community" di channel YouTubenya.



Dalam video tersebut, Big Hit Entertainment turut membagikan rencananya ke depan, yang salah satunya adalah merilis konten “Learn Korean with BTS" atau "Belajar Bahasa Korea Bersama BTS" pada Maret 2020.

"Ada banyak penggemar yang tidak dapat menikmati konten Big Hit sepenuhnya karena hambatan bahasa. Big Hit telah menciptakan media pendidikan Bahasa Korea menggunakan konten artis untuk pengalaman yang lebih bermanfaat dan mendalam bagi penggemar kami," kata founder Big Hit, Bang Si Hyuk dalam briefing itu.

Bang juga mengatakan bahwa Big Hit memang memulai ini dari BTS, namun mereka akan mengembangkannya dengan artis lain dari label mereka.

Berdasarkan cuplikan video "Learn Korean with BTS", konten itu termasuk tentang tata bahasa Korea dan ungkapan yang sering digunakan oleh anggota BTS, yang salah satunya diambil dari percakapan BTS di acara Run BTS!.

"Saya akan berusaha membantu tiga pilar utama industri musik yakni penggemar, artis, dan perusahaan untuk tumbuh bersama secara adil dan sehat," kata Bang.

Bang kembali mengatakan di akhir briefing itu bahwa "Big Hit akan memastikan bahwa penggemar, artis, dan perusahaan yang merupakan sumbu X, Y, Z dari industri musik dapat tumbuh bersama secara adil."

Terkait Bahasa Korea, BTS pernah mendapat penghargaan dari grup yang fokus pada perlindungan Bahasa Korea di Korea Selatan yakni “Nation’s People Preserving the Korean Language” pada 2018. BTS terpilih sebagai “Top Promoter of the Korean Language” atau promotor tertinggi Bahasa Korea.

Hal itu diumumkan menjelang Hari Hangeul yang jatuh pada 9 Oktober, hari dimana masyarakat Korea merayakan penemuan alfabet itu.

Penghargaan ini merefleksikan bagaimana BTS telah menyebarkan pengetahuan tentang bahasa dan budaya Korea Selatan kepada dunia.

 “BTS terpilih sebagai yang pertama karena kontribusi mereka yang luas untuk meningkatkan perhatian internasional terhadap bahasa dan budaya Korea,” kata grup tersebut.

Untuk informasi, Korea memakai abjadnya sendiri dalam berbahasa, yakni Hangeul. Hangeul diciptakan oleh Raja Sejong pada tahun 1446 di masa dinasti Joseon. Raja Sejong menamakan huruf tersebut "Hunminjeongeum" yang berarti bunyi yang tepat untuk diajarkan kepada rakyat.

Hangeul adalah kebanggan rakyat Korea dan juga sudah masuk sebagai Memory of the World Heritage oleh UNESCO pada tahun 1997. Tiap tanggal 9 Oktober rakyat Korea Selatan pun memperingatinya sebagai Hari Hangeul.

Meskipun Hangeul ini terlihat seperti tulisan ideografik atau tulisan dalam bentuk ‘simbol’ seperti aksara Tionghoa, namun Hangeul adalah abjad fonetik atau alfabet karena tiap hurufnya merupakan lambang vokal dan konsonan yang berbeda-beda.

Alfabet Hangeul terdiri dari 24 huruf yang terdiri dari 14 huruf konsonan dasar dan 10 huruf vokal dasar yang kemudian dikembangkan lagi menjadi konsonan rangkap dan vokal rangkap.

Sekedar informasi, Suku Cia-Cia di Sulawesi Tenggara, Indonesia bahkan menerima Hangeul untuk menjadi sistem tulisan dari Bahasa Cia-Cia pada tahun 2009 lalu.

Awal mula dari hal ini adalah penutur bahasa daerah minoritas di sana tidak memiliki sistem penulisan yang bisa mengabadikan pelafalan bahasa mereka sendiri.

Wali Kota Baubau kemudian berupaya mencari aksara yang cocok dengan Bahasa Cia-Cia. Akhirnya, pemerintah Kota Baubau bekerjasama dengan Hunminjeongeum Research Institute dari Korea Selatan untuk membuat naskah bahasa Cia-Cia dengan alfabet Hangeul sehingga bahasa tersebut lestari hingga kini. (Lin)


 

(wd)