Hard News

Jelang Pilwakot Solo, Satpol PP Makin Gencar Patroli

Jateng & DIY

7 Februari 2020 13:03 WIB

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Solo menertibkan spanduk yang ditempel di sebuah pohon beberapa waktu lalu

SOLO, solotrust.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Solo semakin gencar melakukan kegiatan patroli. Hal itu mengikuti semakin dekatnya waktu pemilihan wali kota (Pilwakot) Solo 2020.

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP, Agus Sis Wuryanto, mengungkapkan, pihaknya tidak mau kecolongan dalam mewujudkan ketertiban dan kenyamanan masyarakat Kota Solo.



"Patroli semakin digencarkan, kami menyisir semua wilayah di Kota Solo selama 24 jam dari pagi hingga dini hari," urainya, Kamis (06/02/2020).

Agus Sis Wuryanto menekankan, patroli dilakukan kerjasama dengan linmas. Seluruh wilayah Solo disisir mulai pagi hingga malam, bahkan dini hari.

"Ini karena dinamika Pilwakot Solo 2020 mulai naik. Patroli yang dilakukan tentunya melibatkan linmas. Para anggota linmas memantau ada tidaknya potensi pelanggaran ketertiban umum ataupun pelanggaran yang  bisa mengganggu kenyamanan masyarakat," imbuhnya.

Selain itu, Agus Sis Wuryanto menambahkan, patroli yang dilakukan tidak hanya sekadar menyisir wilayah, namun juga memberikan bekal kepada para anggota berupa pengetahuan cukup tentang pelaksanaan Pilwakot.

"Sehingga ketika turun ke lapangan mereka dapat mengambil keputusan terkait kerawanan di wilayah. Misalnya, ada aksi provokasi yang berpotensi memecah belah masyarakat. Itu langsung kami antisipasi. Ada juga penertiban atribut, termasuk spanduk yang dinilai meresahkan warga," ujarnya.

Di sisi lain, Agus Sis Wuryanto mengakui, Kota Solo menjadi salah satu daerah dengan tingkat kerawanan tinggi dalam momen Pilwakot. Untuk itu, pihaknya juga melakukan patroli di kawasan rawan kriminal.

"Ini sebagai langkah antisipasi gesekan beda pandangan politik. Solo kan masuk daerah rawan politik, jadi kami selalu koordinasi terus dengan wali kota serta instansi lain untuk mengawal Pilwalkot tahun ini agar berjalan dengan baik,” pungkasnya. (awa)

(redaksi)