Viral

Wuhan Diisolasi, Warga Saling Menyemangati

Viral

31 Januari 2020 07:05 WIB

Screenshot rekaman video suasana malam di Kota Wuhan, Tiongkok (Sumber: Instagram-@ayulrast)

Solotrust.com - Merebaknya virus corona di Wuhan, Tiongkok membuat kota itu diisolasi pemerintah negara setempat. Di tengah kondisi demikian, warga tak putus asa dan justru saling menyemangati satu sama lain.

Hal itu terungkap dalam sebuah rekaman video yang dibagikan akun Instagram @ayulrast pada Selasa (28/01/2020). Dalam kegelapan malam terdengar warga saling meneriakkan kata 'Wuhan jiayou' secara bersahutan. Arti kata itu sendiri adalah 'semangat Wuhan'. Warga yang masih tinggal dan terisolasi di kotanya saling menyemangati satu sama lain di tengah wabah virus Corona mematikan. 



Maa Syaa Allah, terharu sekali malam ini. Tepat pukul 21.15 nggak sengaja buka jendela, banyak banget teriakan dari masyarakat Wuhan yang bilang ‘Wuhan Jiayou’ yang artinya ‘Semangat Wuhan!’ Seketika merinding campur haru,” tulis akun Instagram @ayulrast

Sang pemilik akun menjelaskan teriakan itu mereka lakukan untuk saling menguatkan. Dengan cara seperti itu, praktis mereka tidak akan merasa sendiri.

"Teriakan itu dilakukan untuk saling support (mendukung-red) satu sama lain, seluruh warga Wuhan, biar kita nggak ngerasa sendirian. Aku bener-bener kali pertama ngerasain pengalaman kayak gini, Semangat Wuhan, Semangat teman-teman Indonesia, jiayou!” sambungnya.

Video itu pun mendapat respons positif dari para netizen. Rata-rata mengapresiasi atas apa yang dilakukan warga Wuhan di tengah kondisi tak menentu. (dd)

(redaksi)