Pend & Budaya

Siswa MTsN Juarai Olimpiade Matematika di Australia

Pend & Budaya

26 Januari 2020 22:01 WIB

Dua siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Malang menjuarai ajang Southeast Asean Mathematical Olympiad (SEAMO) di Australia. (Dok. Kementerian Agama RI).


Solotrust.com -  Prestasi kembali dipersembahkan siswa madrasah di kancah internasional. Dilansir dari Kementerian Agama via lamannya, kemenag.go.id, Jumat (24/1/2020), dua siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Malang menjuarai ajang Southeast Asean Mathematical Olympiad (SEAMO) di Australia.



Berlangsung di Gold Coast, pada 17-20 Januari 2020, satu medali perak dan perunggu berhasil dibawa pulang ke Tanah Air. Medali perak diraih Aura Nouvabriano Ahmad (kelas VIII) dan Alfarizky Harya Putra (kelas VII) meraih medali perunggu.

Untuk menjadi juara, keduanya harus berkompetisi dengan 411 siswa dari 18 negara. Selain peserta dari Indonesia, peserta lain datang dari Myanmar, Malaysia, Filipina, Uzbekistan, Thailand, Singapura, Vietnam, Srilanka, Amerika Serikat, India, Mongolia, Australia, dan Kamboja.

Kepala MTsN 1 Kota Malang, Samsudin, mengatakan Aura dan Faris mengikuti kompetisi SEAMO X pada level Paper D untuk kelas VII dan VIII.

Tingkat kesulitan soal dari SEAMO X dikatakan lumayan tinggi. Sebab, silabus dan kerangka penilaian SEAMO X dibuat oleh Terry Chew Institute of Mathematical Olympiads berdasarkan kurikulum beberapa negara, seperti Singapura, Amerika dan Rusia. 

“Bentuk soal SEAMO X berupa 15 soal essay dan materi soal membahas masalah matematika, seperti Geometri, Kombinatorika,” ujarnya di Malang, Jumat (24/1). 

Menurut Samsudin, babak penyisihan SEAMO ke-10 diikuti 15.000 siswa dan digelar serentak dengan negara lain. Di Indonesia, babak penyisihan diselenggarakan di Tazkia Boarding School, Malang, pada 28 September 2019.

Pada babak penyisihan SEAMO X, Aura meraih medali Emas, sedangkan Faris meraih medali Perunggu. Karena itu, keduanya diberi kesempatan mengikuti babak semifinal dan grandfinal yang diselenggarakan di Australia. (Lin)

(wd)