Kamis , 27 Februari 2020

Ungkap Sunda Empire, Polisi Libatkan Ahli Budaya dan Sejarah

22 Januari 2020 16:05 WIB


Screenshot video Sunda Empire (Sumber: Instagram)

BANDUNG, solotrust.com Polda Jabar mulai menangani kelompok yang mengatakan diri sebagai Sunda Empire-Earth Empire.

Melansir Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews, Rabu (22/01/2020), Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Saptono Erlangga, mengatakan polisi tengah menyelidiki kelompok yang mengklaim sebagai kerajaan atau kekaisaran ini. Kejadian Sunda Empire masuk dalam kategori laporan model A. Artinya, laporan model tersebut adalah laporan yang dibuat berdasarkan temuan polisi sendiri.



“Kami akan menindaklanjuti yang viral di medsos (media sosial). Makanya ini masuk kategori laporan model A,” terang Kombes Pol. Saptono Erlangga di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Selasa (21/01/20).

Perwira menengah Polda Jabar menjelaskan guna mengungkap motif dan kebenaran dari kasus viralnya Sunda Empire, Polda Jabar akan melibatkan sejumlah ahli terdiri atas ahli budaya dan ahli sejarah.

“Budayawan akan dilibatkan. Nanti prosesnya ahli sejarah kami mintai keterangan tentang yang disampaikan di video, itu perlu kita cek,” tutur Kombes Pol Saptono Erlangga.

Sebelumnya, unggahan video tentang Sunda Empire sempat beredar dan viral di media sosial pada Kamis (16/01/20). Sejumlah konten mengenai Sunda Empire menyebar ke masyarakat lewat dunia maya.

Salah satu video yang tersebar, berisi tentang sejumlah orang mengenakan atribut layaknya militer lengkap dengan topi baret. Salah satu dari mereka ada yang berorasi tentang masa pemerintahan negara-negara yang akan berakhir pada 2020. Adapun hingga saat ini kemunculan Sunda Empire masih ramai diperbincangkan masyarakat. Salah satu di antaranya di media sosial.

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com