Hard News

Kapal Wartawan Istana Terbalik, Begini Tanggapan Politisi PKS

Sosial dan Politik

22 Januari 2020 01:01 WIB

Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI Abdul Kharis Almasyhari (Sumber: dpr.go.id / Andri)

JAKARTA, solotrust.com - Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI Abdul Kharis Almasyhari merasa prihatin dengan kecelakaan terbaliknya kapal wartawan Istana Negara di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur yang diduga akibat diterpa badai. Kapal rombongan wartawan terbalik pada Selasa (21/01/2020) saat mengikuti Kunjungan Kerja Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju ke Labuan Bajo.

“Sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan media, saya sebagai Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI mengucapkan duka mendalam atas musibah yang dialami rekan-rekan wartawan. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, namun alat-alat peliputan sebagian sepertinya tidak bisa diselamatkan. Semoga ada solusi terkait musibah tersebut,” kata Kharis dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, Selasa (21/01/2020), dilansir dari laman resmi DPR RI, dpr.go.id.



Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini meminta agar segera dilakukan upaya evakuasi dan penyelamatan dari segenap pihak, serta evaluasi menyeluruh terkait kelayakan kapal phinisi yang digunakan.

“Saya minta instansi terkait agar bisa melakukan evaluasi menyeluruh karena kapal sejenis ini yang juga digunakan Presiden Jokowi dan biasa digunakan wisatawan. Jangan sampai terulang kejadian yang sama di kemudian hari,” pesan Kharis.

Pihaknya mengingatkan pentingnya upaya serius untuk mencegah kecelakaan serupa tidak terulang karena Presiden Jokowi menetapkan Labuan Bajo sebagai kawasan wisata premium yang perlu kepastian keselamatan dan keamanan wisatawan.

“Perusahaan moda transportasi air harus mematuhi peraturan keselamatan dalam perjalanan dan memperhatikan standard operating procedure (SOP) guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang, khususnya wisatawan,” harap legislator Dapil Jawa Tengah V.

(redaksi)