Hard News

Ditemukan Cabang Keraton Agung Sejagat di Klaten, Ada Prasasti

Hukum dan Kriminal

18 Januari 2020 01:01 WIB

Batu prasasti Keraton Agung Sejagat di Klaten (Sumber: TribrataNews)

KLATEN, solotrust.com - Kepolisian Daerah Jawa Tengah berhasil mendeteksi keberadaan Keraton Agung Sejagat pimpinan Totok Santosa yang berlokasi di sejumlah daerah di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Melansir Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews, Jumat (17/01/2020),Keraton Agung Sejagat di Klaten telah memiliki anggota sebanyak 28 orang. Di kabupaten ini, Keraton Agung Sejagat diketahui dipimpin seorang wanita bernama Wiwik, warga Desa Brajan, Kecamatan Prambanan. Wiwik menjadi pimpinan dengan pangkat Maha Menteri Keraton Agung Sejagat.



Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Iskandar F Sutisna mengatakan, penemuan cabang keraton ditandai dengan adanya batu prasasti, tempat pertemuan serta papan nama.

Saat ini, penyidik masih terus mendalami penanganan perkara Keraton Agung Sejagat pimpinan Totok Santosa bersama permaisurinya Fanni Aminadia. Totok dan Fanni ditangkap Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah pada 14 Januari 2020.

Untuk diketahui, penyidik masih terus mendalami penanganan perkara Keraton Agung Sejagat pimpinan Totok Santosa bersama permaisurinya Fanni Aminadia. Totok dan Fanni ditangkap Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah pada 14 Januari 2020.

Fakta baru terungkap dari pemeriksaan para saksi dalam kasus Keraton Agung Sejagat (KAS) oleh penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah. Tersangka Totok Santoso ternyata tidak hanya mengeruk uang, nilainya mencapai puluhan juta dari para pengikutnya, namun ada pula yang hingga ratusan juta rupiah.

Pihak kepolisian juga masih akan mendalami kasus yang menjerat raja dan permaisuri palsu, Totok Santoso serta Dyah Gitarja. Terutama untuk menelusuri siapa saja yang ikut terlibat dalam tindakan melawan hukum berupa penipuan dan menyebarkan berita bohong hingga membuat keresahan di masyarakat.

(redaksi)