Kamis , 20 Februari 2020

Dapat 6 Ribu Keping Blangko e-KTP, Disdukcapil Prioritaskan Korban Bencana Alam

15 Januari 2020 14:02 WIB


Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar tunjukkan Blangko e-KTP.

KARANGANYAR, solotrust.com- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar memprioritaskan cetak KTP elektronik bagi pemohon ganti kartu yang hilang atau rusak, akibat bencana alam.  

Kepala Disdukcapil Karanganyar Ani Indriastuti mengatakan, ada tiga kategori prioritas, yakni penggantian kartu yang hilang atau rusak disebabkan bencana alam. Dua kategori lainnya juga diprioritaskan, yaitu Print Ready Record (PRR) atau pemohon siap cetak yang sudah rekam data, kemudian perubahan data karena pernikahan, pindah alamat dan sebagainya.



Pihaknya menyebut kebutuhan di Karanganyar mencapai 60 ribu keeping, stok habis per- November 2019 dan dropping tersebut baru terdistribusi awal pekan ini, jumlahnya hanya 6 ribu keping atau 10 persen dari pengajuan.

“Kebutuhannya yang kita perhitungkan 60 ribu itu tadi.” Tuturnya, Selasa (14/1/2020).

Lebih lanjut Kepala Disdukcapil menambahkan, kehilangan atau kerusakan dokumen penting sangat mungkin terjadi saat terjadi bencana alam. Dalam hal ini pemerintah membantu pemulihan di sektor urgen seperti administrasi kependudukan. Pemohon tinggal meminta bantuan perangkat pemerintah kelurahan/desa untuk memroses pembuatan e-KTP, jika stok tersedia permohonan tersebut akan didahulukan.

Sementara itu pantauan di kantor Disdukcapil Karanganyar, antrean permohonan adminduk cukup panjang. Di kantor ini tercatat 250 permohonan tiap hari, sedangkan di kantor kecamatan sekitar 50 pemohon. Dengan melihat banyaknya pemohon di kantor dinas maupun di 17 kantor kecamatan, pihaknya memprediksi 6 ribu blangko itu bakal cepat habis. Bagi pemohon yang telah dilayani namun tidak memperoleh keping e-KTP, maka diberi surat keterangan (suket). (joe)


 

()

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com