Entertainment

Anpanman dan Teman-temannya Berjuang Selamatkan Negeri Awan dalam Film Terbarunya

Musik & Film

12 Januari 2020 07:03 WIB

Anpanman dan teman-temannya (Dok. museum.anpanman-acm.co.jp).


Solotrust.com - Anpanman akan kembali dengan film baru tahun ini. Via Twitter resmi seri film Anpanman @anpanman_movie, Jumat (10/1/2020), diumumkan bahwa judul film tahun ini adalah "Eiga Soreike! Anpanman Fuwafuwa Fuwari to Kumo no Kuni (Soreike! Anpanman the Movie: Fluffy Fuwari and the Cloud Country). Film ke-32 Anpanman ini akan dibuka penayangannya di Jepang pada 26 Juni 2020.



Dilansir dari Anime! Anime! via Anime News Network, dalam cerita film itu, Anpanman, teman-temannya, dan anak awan Fuwari berusaha menyelamatkan Cloud Country (negeri awan).

Agar bunga dan tanaman menjadi sehat, Cloud Country melakukan perjalanan untuk mendistribusikan awan yang dapat membuat hujan dan pelangi ke berbagai kota dan bintang. Seorang bayi awan yang lahir di Cloud Country melintasi Baikinman dan teman-temannya. Setelah bertemu mereka, bayi itu mendapat nama "Fuwari" dan dengan cepat tumbuh sambil mengembangkan ikatan dengan Dokin-chan.

Saat itu, Cloud Country menjadi tidak dapat terbang karena kekotoran misterius. Tetua awan dan anak-anak memanggil Anpanman dan teman-temannya untuk meminta bantuan. Baikinman mengamuk setelah menemukan awan hitam Baigumora, dalam upayanya untuk menjadi raja Cloud Country.

Sementara Cloud Country tertutup awan hitam dan dunia Anpanman kehilangan cahaya matahari, persahabatan antara Fuwari dan Dokin-chan berkembang. Anpanman dan teman-temannya harus menggabungkan kekuatan untuk menyelamatkan Cloud Country.

Tahun lalu Anpanman merilis film ke-31nya "Let's go! Anpanman: Sparkle! Princess Vanilla of the Land of Ice Cream" pada 28 Juni. Film itu sekaligus merayakan ulangtahun ke-100 kreator Anpanman, Takashi Yanase.

Serial televisi Anpanman mulai ada sejak tahun 1988. Sedangkan film terbaru Anpanman ditayangkan tiap musim panas sejak 1989. "Soreike! Anpanman: Ringo Bōya to Minna no Negai (Let's Go! Anpanman: The Apple Boy and Everyone's Wishes)" yang rilis pada tahun 2014 adalah film pertama Anpanman sejak kreatornya meninggal dunia.

Dalam membuat Anpanman, Takashi Yanase berangkat dari ide tentang seorang pahlawan sejati yang membantu mereka yang kelaparan dengan memberikan sebagian kepalanya yang terbuat dari roti Anpan (roti isi pasta kacang merah).

Kendati aksi kepahlawanannya tersebut bisa mengurangi kekuatan dan kemampuan Anpanman untuk terbang, namun tukang roti handal yakni Uncle Jam akan menggantinya dengan kepala yang baru dari ovennya, sehingga Anpanman bisa terbang kembali.

Tidak seperti superhero lain seperti Batman yang menumpas orang-orang jahat, musuh Anpanman adalah kuman/bakteri, yang digambarkan sebagai karakter si kuman/baikinman dalam cerita tersebut. Bakteri memang dalam kehidupan nyata bisa mengganggu kesehatan manusia. Namun, Yanase juga mengedukasi bahwa ada juga bakteri-bakteri tertentu yang baik, yang bisa bermanfaat bagi manusia.

Melalui kisah Anpanman, Takashi Yanase mencoba menyampaikan pesan bahwa ada yang mesti kita korbankan ketika menolong orang lain, namun tidak perlu cemas untuk selalu berbuat baik. Anpanman yang lemah sehabis menolong mereka yang kelaparan pun selalu bisa sehat kembali setelah diganti kepalanya oleh Uncle Jam. (Lin)

(wd)