Serba serbi

Rentan Peretasan, Pengguna Diminta Segera Perbarui Firefox

Teknologi

11 Januari 2020 08:39 WIB

Firefox.

JAKARTA - Jika Anda menggunakan peramban web Mozilla Firefox, pemerintah Amerika Serikat merekomendasikan Anda memperbarui peramban itu karena sebuah kerentanan zero-day diketahui memungkinkan peretas mengambil kendali atas komputer Anda.

Badan Keamanan Cybersecurity dan Infrastruktur (CISA) Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat mendorong mereka yang menggunakan browser Firefox untuk memperbarui ke versi 72.0.1 dan ESR 68.4.1.



“Mozilla telah merilis pembaruan keamanan untuk mengatasi kerentanan di Firefox dan Firefox ESR. Seorang penyerang dapat memanfaatkan kerentanan ini untuk mengendalikan sistem yang terpengaruh. Kerentanan ini terdeteksi dalam eksploitasi di alam liar,” pernyataan CISA yang diterbitkan pada Rabu lalu.

Mozilla mengetahui kerentanan dan mengeluarkan perbaikan untuk itu dalam versi pembaruan terbaru pada hari Rabu, 8 Januari. Kerentanan zero-day (CVE-2019-17026) dilabeli oleh perusahaan sebagai "kritis" dan dapat memungkinkan peretas potensial memiliki pintu terbuka untuk mengakses browser dan komputer pengguna.

Mozilla mengatakan bahwa perusahaan cybersecurity China Qihoo 360 menemukan dan melaporkan kerentanan itu kepada perusahaan.

Menurut Forbes, kerentanan zero-day berarti “kerentanan keamanan yang tidak diketahui oleh vendor produk atau peneliti keamanan, tetapi yang terpenting, diketahui mengancam oleh aktor yang kemudian dapat mengeksploitasinya.”

Memperbarui peramban Firefox untuk melindungi Anda dari kerentanan ini mudah. Pertama, buka bilah menu browser Anda dan klik Tentang Firefox. Jendela baru akan terbuka dan akan mulai memeriksa setiap pembaruan, mengunduhnya secara otomatis. Kemudian, setelah unduhan selesai, pastikan untuk mengklik Restart untuk memperbarui Firefox sehingga memastikan Anda menggunakan versi terbaru (72.0.1).

Terlepas dari kerentanan ini, Firefox adalah runner-up dari Google Chrome untuk browser web terbaik, menurut pilihan Digital Trends. Firefox lebih mengutamakan privasi daripada Chrome dan relatif cepat.

Firefox telah membuat pembaruan terbaru pada bulan lalu yang mencakup perlindungan privasi yang lebih baik dengan dukungan anti-pelacak, peningkatan sinkronisasi kata sandi di seluruh perangkat, dan peringatan pelanggaran terintegrasi.

Pada bulan November, Firefox juga membuat pembaruan di Firefox 70 yang memungkinkan Anda untuk menyembunyikan pop-up izin pemberitahuan yang bisa mengganggu. #teras.id

(wd)