Hard News

Hujan Deras Seharian, Tanggul di Kawasan Lempong Sari Semarang Longsor

Sosial dan Politik

9 Januari 2020 22:05 WIB

Warga bersihkan bekas longsoran tanggul.

SEMARANG, solotrust.com- Hujan seharian tanggul yang berada di lereng kawasan Lempong Sari Semarang longsor, Rabu (8/1/2020) malam.

Tanggul yang longsor ini tepatnya berada di kawasan Lempong Sari RT 1 RW 6 Semarang. Tanggul setinggi 4 meter dan luas 5 meter ini ambrol semalam sekitar pukul 21.00 WIB. Longsor tersebut menimpa menimpa bagian rumah warga yang berada di bawahnya. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.



Baca: Tebing Longsor, Satu Rumah Warga di Karanganyar Amblas

“Memang curah hujan dari sore itu sangat tinggi, maka menyebabkan kejadian longsor tersebut.” Jelas Ketua RT 3 RW 6 Heru Wiratno.

Kamis (9/1) pagi warga bersama -sama memperbaiki tanggul yang longsor dengan dibantu personil dari BPBD Kota Semarang. Untuk mengantisipasi longsoran susulan, warga menutup bekas longsor dengan terpal.  

Sulitnya medan membuat warga sedikit kesulitan untuk memperbaiki tanggul, mengingat posisi tanggul berada di lereng bukit.

“Langkah pertama kita tutup bekas longsoran tersebut untuk mengantisipasi kejadian yang lebih parah lagi.” Tambahnya.

Untuk mencegah hal yang tidak di inginkan, warga memberi pembatas lokasi longsor dengan pot bunga, agar tidak dilalui untuk akses jalan.  

Kejadian longsor di kawasan ini bukan yang pertama kali, satu tahun lalu di lokasi yang sama juga pernah terjadi. (vit) 

(wd)