Pend & Budaya

Pelajar Boyolali Siap Jadi Duta Seni di Inggris

Pend & Budaya

9 Januari 2020 13:03 WIB

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali Budi Prasetyaningsih

BOYOLALI, solotrust.com - Program tahunan Dinas Pendidikan dan  Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali yang dicanangkan Bupati Boyolali Seno Samodro menarik minat pelajar guna lebih memperkaya ilmu pengetahuan. Di tahun kedelapan gelaran pengiriman duta seni, Disdikbud sudah mulai melakukan persiapan seleksi pelajar kelas X SMA/SMK/MA di Boyolali.

Sementara ini, program pengiriman duta seni dan misi kebudayaan pelajar ke luar negeri menjadi ajang cukup diminati pelajar. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Budi Prasetyaningsih kepada wartawan, Kamis (09/01/2020). Tahun ini, pelajar yang akan berangkat ke negara tujuan Inggris Raya melewati serangkaian tes seleksi, terbagi dalam lima tahap.



“Seleksi melalui beberapa tahap. Pertama seleksi administrasi, kedua tes tertulis, kemudian tes wawancara pertama, wawancara kedua, serta audisi terakhir. Ada lima tahap,” kata dia.

Tahap seleksi administrasi, peserta akan disaring mengikuti tes tertulis. Melalui tes tertulis ini, panitia akan mendapatkan 150 orang yang lolos. Sebanyak 150 peserta itu akan dikerucutkan kembali menjadi 75 orang pada tes wawancara pertama. Setelahnya, panitia akan mengambil 50 peserta pada wawancara tahap kedua. Pada audisi terakhir, panitia akan mengambil 16 peserta yang akan berangkat ke negara Inggris Raya.

“Sudah selesai diambil 16 orang ditambah dua orang dari Duta Wisata Boyolali, kemudian latihan sampai Juli atau Agustus berangkat. Kami ambil Juli karena libur anak sekolah, Agustus awal sekolah, tetapi nanti bergantung dari acara yang ada di Inggris Raya,” terang Budi Prasetyaningsih.

Tak ada perbedaan antara seleksi tahun ini dengan tahun sebelumnya. Hanya saja pada 2020 kali ini panitia akan lebih selektif dalam pengukuran tinggi badan peserta, yakni 165 sentimeter untuk putra dan 160 sentimeter untuk peserta putri. Selain itu, dalam seleksi wawancara peserta juga diwajibkan menampilkan bakat mereka masing-masing.

“Pada waktu tes wawancara harus sudah mempersiapkan perform dan apa saja yang dimiliki harus dipersiapkan. Perform itu bisa dia menari, pidato, bercerita, olahraga, dan sebagainya,” ungkapnya.

Dengan begitu, diharapkan peserta sudah mempersiapkan diri sedini mungkin untuk mengikuti seleksi duta seni dan misi kebudayaan pelajar ke luar negeri. Terlebih pendaftaran akan dibuka pada Jumat (10/01/2020) hingga Jumat (17/01/2020) dengan berbagai persyaratan yang telah ditentukan. (Jaka)

(redaksi)