Entertainment

Baru Berusia 5 Bulan, X1 Dinyatakan Bubar

Selebritis

8 Januari 2020 07:05 WIB

X1 dalam salah satu foto konsep album "Quantum Leap" (Dok. via Instagram @x1official101).


Solotrust.com - X1, boygroup jebolan ajang Produce X 101 yang baru berusia 5 bulan dinyatakan bubar. Pada 6 Januari 2020, Starship Entertainment, MBK Entertainment dan 7 agensi lain yang merepresentasikan 11 anggota X1 mengumumkan keputusan untuk membubarkan grup tersebut.



"Kami menegosiasikan nasib grup ini di antara agensi anggota untuk menuju kesepakatan namun gagal. Sehingga kami memutuskan untuk membubarkannya," demikian pernyataan mereka via siaran pers.

Keputusan ini dibuat meskipun ada janji dari CJ ENM untuk menghidupkan kembali grup ini. Pekan lalu, CJ secara resmi meminta maaf atas skandal kecurangan suara dan mengatakan akan memberikan semua dukungan yang diperlukan untuk X1 dan IZ*ONE.

X1 diketahui menghentikan sementara aktivitasnya akhir tahun lalu di tengah berkembangnya tuduhan bahwa Produce X 101 mencurangi hasil voting penggemar.

Direktur acara dan produser utama acara itu juga telah dibawa ke kepolisian bulan lalu dengan tuduhan menerima suap senilai puluhan juta Won dari agensi-agensi sebagai imbalan karena memanipulasi hasil kompetisi, dengan mendukung anggota tertentu.

X1 debut dengan mini album "비상: Quantum Leap" pada 27 Agustus 2019. Album itu menghadirkan dua versi yakni “Flight” and “Quantum Leap", yang masing-masing menunjukkan sisi yang lain dari grup tersebut.

"Jika 'Flight' adalah tentang 11 dari kami yang terbang tinggi, 'Quantum Leap' adalah tentang membuat lompatan besar,” kata Kim WooSeok dalam debut showcon di Gocheok Sky Dome, Seoul.

 “Flash”, lagu utama dari album ini adalah lagu dance pop yang kuat, yang menunjukkan energi yang siap ditunjukkan oleh para anggotanya.

Selain itu, ada 6 lagu lain dalam album ini yakni "Stand Up", "Like Always", "I am Here For You", "U Got It", "Move", dan “X1-MA".

Album ini mencatatkan rekor penjualan impresif. Pada 30 Agustus 2019, sebagaimana terlihat dalam laman chart Hanteo, album fisiknya telah terjual lebih dari 416.000 kopi.

Dengan ini, X1 berhasil mematahkan rekor WANNA ONE yang dulu juga merupakan jebolan ajang Produce 101, sebagai boygroup K-Pop dengan penjualan album debut terbesar di minggu pertamanya. Bahkan, raihan X1 ini tercatat hanya dalam waktu 4 hari saja sejak dirilis.

Album tersebut juga mendapat sambutan hangat dari fans internasional, dengan berhasil memuncaki chart album iTunes di sejumlah negara.

Dikutip dari Mydaily via Soompi, Rabu (28/8), kurang dari sehari sejak dirilis, album itu berhasil memuncaki chart iTunes di 19 negara dan region yakni Indonesia, Rusia, Kazakhstan, Chili, Singapura, Uni Emirat Arab, Hong Kong, Malaysia, Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam, Ukraina, Kamboja, Israel, Taiwan, Dominika, Ekuador, Laos, dan Kazakhstan.

Dari 11 anggota X1, 3 diantaranya  sebelumnya pernah debut. Kim Woo Seok debut dalam grup UP10TION pada 2015, Han Seung Woo debut dalam grup Victon pada 2016. Sementara Cho SeungYoun debut dalam grup UNIQ pada 2014 dan juga pernah berkompetisi dalam “Show Me the Money” musim ke-5 tahun 2016 dan secara solo merilis musik dengan nama Woodz. 

X1 semula dijadwalkan akan aktif selama 5 tahun hingga tahun 2024 dengan kontrak khusus, dimana paruh pertamanya hanya berfokus pada grup. Sementara untuk paruh keduanya mereka akan dapat melakukan pekerjaan di perusahaan mereka sendiri, seperti debut solo, sebuah anggota grup baru, atau kembali bekerja dengan grup sebelumnya.

11 anggota X1 yaitu Kim Yo Han (OUI Entertainment), Kim Woo Seok (TOP Media), Han Seung Woo (Plan A Entertainment), Song Hyeong Jun (Starship Entertainment), Cho Seung Youn (Yuehua Entertainment), Son Dong Pyo (DSP Media), Lee Han Gyul (MBK Entertainment), Nam Do Hyon (MBK Entertainment), Cha Jun Ho (Woollim Entertainment), Kang Min Hee (Starship Entertainment), dan Lee Eun Sang (Brand New Music). (Lin)

(wd)