Hard News

Underpass Terpanjang se-Indonesia Selesai Dibangun

Sosial dan Politik

7 Januari 2020 18:04 WIB

Jalan bawah tanah (underpass) Yogyakarta International Airport (YIA). (PUPR)

YOGYAKARTA, solotrust.com-  Jalan bawah tanah (underpass) Yogyakarta International Airport (YIA) telah selesai dibangun. Underpass yang menghubungkan Purworejo Jawa Tengah dan Yogyakarta melalui Pansela ini diklaim sebagai underpass terpanjang di Indonesia, yang dirancang sepanjang 1,5 kilometer.  

Di dalam bangunan underpass ini juga dilengkapi dengan desain dinding ornamen-ornamen bertema kearifan local, yang merupakan ide dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. 



Baca: Proyek Underpass Ambles, Truk dan Mobil Milik WNA Terguling

Dirjen Bina Marga Kementrian PUPR Sugiyartanto mengatakan, pembangunan underpass YIA ini ditujukan untuk mempersingkat waktu tempuh menuju Bandara YIA, serta merupakan jalur berkeselamatan yang memisahkan antara jalur kendaraan yang menuju YIA dan jalur kendaraan umum.

“Ini kami punya jalan sudah bagus, ini sudah selesai dan bahkan ini bagian dari suatu underpass terpanjang yang ada di Indonesia.” Jelas Sugiyartanto.

Baca: Pemkot Bakal Bangun Pembatas Jalan Permanen di Flyover Manahan

Pembangunan Underpass YIA terdiri atas konstruksi tertutup atau slab sepanjang 1.095 meter dan jalan pendekat arah timur dan barat sepanjang 110 meter dan 100 meter. Sedangkan lebar jalan underpass adalah 7,85 meter dengan clearence atas 5,20 meter dan samping 18,40 meter. (adam)

(wd)