Sabtu , 30 Mei 2020

Diterjang Putting Beliung, Umbul Ponggok Mengalami Kerugian Hampir 1 M

6 Januari 2020 18:05 WIB


Umbul Ponggok pasca diterjang puting beliung.

KLATEN, solotrust.com- Sejumlah warga bersama anggota TNI mulai membersihkan sisa-sisa reruntuhan akibat terjangan angin putting beliung di obyek wisata Umbul Ponggok, Klaten yang terjadi pada Jumat (3/1/2020) sore lalu. Akibat terjangan puting beliung, wisata tersebut mengalami kerugian hampir Rp 1 miliar.

Pasca diterjang angin putting beliung, tempat wisata tersebut sempat ditutup sehari. Waktu penutupan dimanfaatkan warga untuk melakukan pembersihan puing-puing.  



Baca: Puting Beliung “Menari” Selama 3 menit, Umbul Ponggok Porak Poranda

Sementara potensi kerugian saat wisata ini ditutup sehari mengalami kerugian senilai Rp 20 juta. Pengunjung per-hari pada hari biasa rata-rata 500 orang, pada Sabtu dan Minggu pengunjung mencapai 1000 hingga 2000 orang.

Di tempat wisata tersebut angin putting beliung merusakkan baliho berukuran besar, kanopi di bagian utara wisata, fasilitas rest area di kompleks umbul dan beberapa fasilitas lainnya. Selain di umbul, kerusakan juga terjadi pada joglo tempat pertemuan warga, serta sebagian rumah warga desa setempat.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun akibat terjangan putting beliung tersebut Pemerintah Desa Ponggok saat melakukan pendataan mengalami kerugian hampir Rp 1 miliar.

“kalau Umbul Ponggok dengan fasilitas warga dan fasilitas umum kurang lebih sekitar 1 miliar lah.” Jelas Kades Ponggok Junedi Mulyono. (jaka)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com