Rabu , 26 Februari 2020

Lagu Ballad Dominasi Genie Music 2019

4 Januari 2020 06:11 WIB


Paul Kim, salah satu penyanyi solo yang lagunya masuk Top 10 chart tahunan Genie Music 2019 (Foto: Instagram Paul Kim @pkalbum)


Solotrust.com - Data Genie Music 2019 menunjukkan bahwa lagu-lagu dance dari idol group mengalami penurunan pendengar. Lagu dari penyanyi Barat justru menempati peringkat pertama dalam chart Top 10 akhir tahun. Sedangkan lagu-lagu ballad dari solois-solois Korsel lah yang mendominasi, sebagaimana dilansir dari Munhwa Ilbo via Soompi (30/12/2019). Munhwa Ilbo menerima data dari Genie Music untuk periode 1 Januari hingga 15 Desember 2019.



Lagu berjudul "2002" dari penyanyi Inggris Anne Marie menempati peringkat pertama tahun ini. Tak hanya di Genie Music, lagu ini juga menjadi jawara di Bugs Music.

"Ini adalah pertama kalinya sejak layanan musik Genie diluncurkan bahwa lagu pop berbahasa Inggris telah menjadi yang pertama di tangga lagu tahunan," kata pihak Genie.

Peringkat selanjutnya ditempati oleh Lim Jae Hyun dengan “If There Was Practice in Love”, Paul Kim dengan “Every Day, Every Moment” (OST “Should We Kiss First”), dan Kassy dengan “The Day Was Beautiful”.

Satu-satunya lagu dari idol group yang masuk Top 10 adalah BTS dengan "Boy With Luv" featuring Halsey di peringkat kelima.

Peringkat berikutnya diiisi oleh “To You My Light” dari Maktub, “Your Regards” dari Song Ha Yea, “For Lovers Who Hesitate” dari Jannabi, “At Karaoke” dari Jang Beom June, dan "Four Seasons" dari Taeyeon Girls’ Generation.

"Para penjual yang telah mantap, yang telah menerima cinta untuk waktu yang lama telah mengambil tempat peringkat tinggi pada chart tahunan, dan popularitas ballad dan lagu-lagu pop berbahasa Inggris sangat luar biasa," kata Direktur Genie Music, Hong Sang Wook.

Dia menambahkan, "Dalam Top 100, ada 39 ballad, 15 lagu pop berbahasa Inggris, 9 lagu dance, 9 lagu indie, 8 lagu rap/hip-hop, dan 7OST drama."

Munhwa Ilbo sendiri tidak mengungkap lagu apa saja yang masuk Top 100, namun membagikan beberapa diantaranya. Billie Eilish dengan "bad guy" (no.17), Naomi Scott dengan "Speechless" dari OST Aladdin (no.28), Ariana Grande dengan “thank u, next” (no. 40), dan Ed Sheeran dengan "Shape of You” (no. 63) adalah beberapa nama yang masuk.

Sementara itu, beberapa lagu idol group yang masuk seperti “DALLA DALLA” dari ITZY (no. 17), “FANCY” dari TWICE (no.32), “Kill This Love” dari BLACKPINK (no. 44), “YES or YES” dari TWICE (no. 46), dan “gogobebe” dari MAMAMOO (no. 73).

Untuk boy group, selain BTS dengan "Boy With Luv" di Top 10, yang memuncaki chart harian Genie selama 26 hari, lagu lain yang masuk adalah “Spring Day” (no.69), dan "IDOL" (no.71). Boy group lain dan satu-satunya yang masuk adalah WINNER dengan "Millions" (no.95). (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com