Serba serbi

Jangan Panik! Ini Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular

Tips & Trik

18 Desember 2019 14:05 WIB

Ilustrasi ular kobra (Dok. Istimewa)

Solotrust.com - Banyaknya ular kobra yang bertelur saat musim penghujan seperti sekarang tentu memicu keresahan masyarakat. Berbagai upaya pun dilakukan guna mengantisipasi supaya ular tak bersarang dan bertelur di area rumah, seperti membersihkan tempat-tempat yang bisa menjadi sarang ular hingga memotong rumput dan semak yang terlihat tinggi.

Salah satu upaya mencegah ular kobra tak bersarang di dalam rumah, yakni dengan memberi wangi-wangian pembersih lantai dan tidak menaburkan garam. Garam mempunyai sifat cenderung lebih hangat untuk ular sehingga malah membuat hewan melata itu suka dan datang untuk bersarang.



Sementara itu, akun Instagram Sekolah Relawan (@sekolahrelawan) mengungkap cara penanganan apabila terkena gigitan ular. Langkah pertama apabila terkenan gigitan ular adalah dengan menenangkan korban. Jangan biarkan korban panik sebab kepanikan justru memicu denyut jantung bergerak lebih cepat dan bisa ular akan semakin cepat menyebar.

Langkah kedua, balut bekas gigitan dengan kasa steril, kemudian pasang perban elastis. Jangan terlalu kencang atau kendor dalam memasangnya. Selanjutnya, dimobilisasi dengan pemasangan bidai seperti bidai pada orang yang terkena patah tulang agar tidak ada gerakan otot. Terakhir, segera bawa korban ke rumah sakit.

Pertolongan tersebut merupakan langkah yang digunakan ketika digigit jenis ular apa pun, baik ular berbisa maupun tidak berbisa. Penanganan langkah pertama saat digigit ular merupakan sebuah upaya pengamanan yang sangat diperlukan supaya bisa ular tidak menyebar dan dapat segera tertangani dengan baik. (dd)

(redaksi)