Serba serbi

5 Makanan Ini Baik untuk Mata

Olahraga

15 Desember 2019 23:41 WIB

Ilustrasi.

JAKARTA - Anda sering mendengar jika wortel dan sayur berwarna oranye dapat menjaga kesehatan mata. Faktanya memang demikian, beta-karoten yang terkandung di dalam wortel merupakan tipe vitamin A yang memberikan warna oranye dan berfungsi menjaga retina mata dan bagian mata lain agar dapat berfungsi secara maksimal.

Wortel bukan satu-satunya makanan sehat yang sangat disarankan untuk rutin dikonsumsi setiap hari. Berikut jenis makanan lain, dilansir dari Health.



1. Selada

Lutein dan zeaxanthin, antioksidan di dalam selada dapat mengurangi degenerasi makular dan katarak.

 

2. Telur

Selain selada, kuning telur juga menjadi sumber utama dari lutein dan zeaxanthin. Tidak hanya itu, terutama kuning telur, mengandung zat besi yang dapat mengurangi risiko degenerasi makular.

“Zat besi pada sebutir telur mampu mengurangi risiko degenerasi makular sejak dini. Itu sebabnya, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi telur secara rutin setidaknya satu butir per hari,” ujar Paul Dougherty dari Dougherty Laser Vision, Los Angeles, Amerika Serikat.

 

3. Beri

Selain jeruk, beri merupakan sumber vitamin C terbesar yang aman dikonsumsi setiap hari. Degenerasi makular dan katarak juga dapat dihindari dengan rutin mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan beri.

 

4. Kacang badam

Satu genggam kacang badam yang mengandung vitamin E cukup tinggi mampu mengurangi risiko degenerasi makular sejak dini. Ganti kudapan tidak menyehatkan seperti gorengan dengan segenggam kacang badam setiap hari.

 

5. Ikan

Tuna, salmon, makarel, dan teri merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan DHA tinggi. DHA sendiri merupakan asam lemak yang ada di dalam retina mata.

“Jika asam lemak di dalam retina jumlahnya tidak seimbang, maka mata lebih mudah kering,” ujar Jimmy Lee dari Montefiore Medical Center, New York City, Amerika Serikat. #teras.id

(wd)