Hard News

Polsek Serengan Punya Gedung Kantor Baru, Diresmikan Wali Kota

TNI / Polri

14 Desember 2019 11:01 WIB

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat meresmikan Kantor Polsek Serengan, Jumat (13/12/2019)

SOLO, solotrust.com - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo meresmikan gedung kantor baru Polsek Serengan dalam agenda Mider Praja, Jumat (13/12/2019). Kantor ini berlokasi di Jalan Veteran, dibangun tiga lantai di atas tanah seluas 344 meter persegi.

“Hari ini kita serahkan hibah bangunan kepada Polresta Surakarta yang nantinya ditempati oleh Polsek Serengan, kita manfaatkan sesuai luas tanah yang ada,” kata Rudy.



Pembangunan kantor Polsek Serengan ini wujud komitmen pemerintah kota (Pemkot) dalam mewujudkan iklim keamanan dan kenyamanan di Solo, tidak seputar lingkup pemerintah kota saja, namun menyeluruh ke instansi lainnya.

“Kondisinya dulu kantor polisi Serengan ini dengan ruko hampir sama, Polsek Jebres itu juga perlu dibangun, masa di bawah gitu kelihatan atapnya saja nanti harus dibangun juga. Saya minta untuk mengajukan ke Pemkot dan Pemkot boleh membantu, harapannya ke depan pelayanan kepada masyarakat lebih baik,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Endah Sitaresmi Suryandari, menuturkan pembangunan kantor Polsek Serengan dilaksanakan pada tahun anggaran 2019 mulai 31 Mei hingga 28 November 2019.

“Polsek mengajukan permohonan pembangunan pada 2017 lalu, kemudian ditindaklanjuti Pemkot Solo. DED (detail engineering design) dan pembangunan dilaksanakan dalam satu tahun anggaran 185 hari, kemudian masa pemeliharaan selama enam bulan dari 19 November 2019 sampai dengan 6 Juni 2020. Kalau masih kurang sempurna atau kekurangan tidak perlu khawatir,” kata Sita

Kantor Polsek Serengan dibangun di atas tanah seluas 344 meter persegi dengan total luas bangunan 580 meter persegi.  Konstruksi bangunan kantor Polsek Serengan dibangun tiga lantai, terdiri atas area parkir, ruang pelayanan publik (lantai 1), ruang kantor, ruang tahanan sementara (lantai 2), ruang kantor, ruang rapat, dan musala (lantai 3).

“Termasuk pengaspalan jalan masuk dan keluar nanti di anggaran tahun depan, pnerangan juga bisa ditambah,” kata Sita

Sementara itu, Kapolresta Solo, AKBP Andy Rifai, mengatakan pembangunan kantor Polsek Serengan merupakan hal luar biasa. Ia pun mengapresiasi perhatian Pemkot Solo. Hal ini sesuai cita-cita Kapolsek Kompol Giyono yang akan pensiun tahun depan. Bangunan ini menjadi bangunan Polsek paling bagus se-Kota Solo. Pihaknya berharap kantor Polsek lain juga dapat segera direnovasi.

“Dari dulu memang sudah kami inginkan, kualitas bangunan waktu itu tidak memenuhi syarat untuk pelayanan, keamanan juga riskan tidak ada batas. Waktu itu, kami upayakan melalui dinas, tapi ajuan kami ke Mabes dicoret. Sama pak wali kota disambut baik, diminta untuk mengajukan anggaran, dan direalisasikan,” paparnya.

AKBP Andy Rifai juga berharap dengan selesainya pembangunan kantor Polsek Serengan akan semakin meningkatkan pelayanan lebih baik kepada masyarakat serta memotivasi anggota.

“Setelah diserahkan nanti mau nambah-nambah silakan, tapi ini masih masa pemeliharaan,” pungkasnya. (adr)

(redaksi)