Hard News

Diamuk Lesus, Puluhan Rumah di Solo Rusak, Pohon dan Baliho Roboh

Jateng & DIY

11 Desember 2019 09:52 WIB

Pohon tumbang menimpa atap gedung SMA Negeri 6 Solo, Selasa (10/12/2019) sore

SOLO, solotrust.com – Puluhan rumah di sejumlah wilayah di Kota Solo rusak akibat diterjang lesus alias angin puting beliung disertai hujan lebat yang terjadi pada Selasa (10/12/2019) pukul 16.45 WIB. Selain puluhan rumah, angin kencang juga menyebabkan belasan pohon tumbang dan merobohkan baliho.

Hal itu dibenarkan Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalakhar BPBD) Kota Solo, Eko Prajudhy Noor Aly, saat dikonfirmasi solotrust.com, Rabu (11/12/2019) pagi.



“Benar, Kota Solo diterjang angin puting beliung disertai hujan lebat Selasa sore kemarin pukul 16.45 WIB. Beberapa wilayah terjadi pohon tumbang, rumah rusak, dan baliho roboh,” kata dia.

Eko merinci data hasil evakuasi dan penilaian sementara yang dilakukan petugas BPBD dibantu relawan, terdiri atas unsur Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), PMI, serta komunitas relawan, total hingga pagi ini terdapat lebih dari 38 kejadian.

“Puluhan rumah rusak, 15 pohon tumbang, salah satunya menimpa atap gedung SMAN 6 Surakarta. Nihil korban jiwa, 15 dahan roboh, 8 baliho roboh, kejadian mayoritas terjadi di wilayah Nusukan Kecamatan Banjarsari dan beberapa kejadian di Kecamatan Laweyan, tapi data kejadian ini masih akan kami perbarui dan hanya bersifat sementara,” terang dia.

Eko Prajudhy Noor Aly menyampaikan, pada Rabu ini tim BPBD Solo melanjutkan proses evakuasi  di beberapa wilayah karena minimnya penerangan semalam.

Sementara itu, bagi korban yang rumahnya mengalami kerusakan bisa melapor ke kelurahan setempat dan nanti akan diteruskan kepada Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

"Nanti dari pak wali akan ada disposisi kepada BPBD untuk mengecek rusaknya seperti apa, bantuannya seperti apa, kami laporkan kembali," ujarnya.

Ditambahkan Eko Prajudhy Noor Aly, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar tetap mewaspadai potensi angin kencang atau angin lesus yang terjadi disertai hujan.

“Imbauan kepada masyarakat, waspada akan potensi tersebut dan warga atau instansi yang memiliki pohon berpotensi tumbang agar aktif melapor pihak terkait atau menghubungi emergency call 112, dan BPBD Solo 0271-7464455," seru dia.

Menurut informasi BMKG hari ini diperkirakan terjadi hujan ringan hingga sedang di Kota Solo, pada siang atau sore awal hingga malam. Potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di wilayah Pantura Barat dan daerah pegunungan tengah.

"Ini kan memasuki masuk musim penghujan, masyarakat diimbau menjaga kebersihan selokan, jangan sampai membuat air tersumbat hingga terdampak banjir. Kalau musim hujan seperti ini jangan berteduh di bawah pohon," lanjutnya.

Selain itu, berdasarkan informasi dihimpun solotrust.com, kencangnya angin puting beliung juga mengakibatkan kerusakan pada sejumlah dinding kaca Sky Bridge Stasiun Balapan Solo yang terhubung dengan Terminal Tirtonadi roboh dan pecah. (adr)

(redaksi)