Viral

Arab Saudi Hapus Aturan Pemisahan Gender di Restoran

Viral

9 Desember 2019 17:38 WIB

Wanita duduk di antara pria di sebuah kafe di Khobar, Arab Saudi yang dibuka tahun ini. (Reuters / File foto)

Solotrust.com - Kementerian Urusan Kota dan Pedesaan Arab Saudi telah menghapus aturan pemisahan gender di restoran. Sebelumnya, pemerintah setempat mewajibkan restoran memiliki dua pintu untuk pria dan perempuan.

Dr Majid Al-Qasabi, menteri yang ditunjuk departemen menyetujui pembaruan lain terkait regulasi di berbagai sektor pada Minggu (09/12/2019). Wakil menteri Khaled Al-Jammaz yang ditunjuk untuk urusan teknis di kementerian, menjelaskan langkah tersebut merupakan bagian dari sejumlah amandemen yang mencakup 103 peraturan, persyaratan, manual, model, standar, dan aplikasi untuk semua jenis kegiatan.



Walikota Mekah, Mohammed Abdullah Al-Quwaihis, mengatakan kepada Arab News bahwa amandemen tersebut bertujuan untuk membuat hidup lebih mudah bagi investor, warga negara, dan pengusaha.

"Amandemen akan menjadi positif dan akan meringankan banyak kondisi dan batasan, tetapi perubahan tidak akan memengaruhi inti pekerjaan dalam hal kesehatan masyarakat dan makanan, dan keputusan ini akan meningkatkan aliran investasi dan jumlah dan variasi restoran," ujarnya, dilansir dari Arab News, Senin (09/12/2019).

Salah satu pemilik kedai kopi Chaoua yang akan segera dibuka, Nasser Al-Shalhoub, mengatakan penghapusan aturan untuk memiliki bagian (area) terpisah untuk pria dan keluarga adalah keputusan yang sangat baik.

“Terutama karena kita menghadapi masalah dengan meningkatnya biaya karena kita wajib membuat dua penghitung untuk dua bagian. Sekarang dengan amandemen ini kementerian telah membantu kita untuk mulai bekerja dan mengurangi biaya,” sambungnya..

(redaksi)